Motor

Serba Kencang, 3 Ayago Tua Ini Kerap Jadi Buronan Kolektor, Apa Saja?

Apa saja motor tersebut?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Yamaha Tiara. (Facebook/Bekakas)
Yamaha Tiara. (Facebook/Bekakas)

Mobimoto.com - Istilah "ayago" (ayam jago) kerap digunakan untuk merujuk motor underbone sporty, seperti halnya Suzuki Satria ataupun Honda Sonic.

Motor ini identik dengan bodi mungil nan lincah yang siap menjadi pemacu adrenalin. Namun tak cuma itu, generasi tua dari motor segmen ini perlahan menjelma menjadi barang koleksi dengan nilai yang nggak bisa diremehkan.

Dari sekian jenis motor ayago, ada tiga nama yang patut dilirik sebagai penghuni garasi. Motor-motor ini mengusung mesin 2 tak yang performanya tentu tak perlu ditanya. Apa saja?

1. Yamaha Tiara

Yamaha Tiara. (Facebook/Bekakas)
Yamaha Tiara. (Facebook/Bekakas)

Motor ini memiliki mesin 125cc 2 tak yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 17 PS dan torsi 15,5 Nm. Terakhir edisi baru motor ini menampakkan batang hidungnya sekitar tahun 2000 sebelum akhirnya discontinue.

2. Honda Nova

Honda Nova Sonic. (Facebook/Honda Nova Sonic)
Ilustrasi Honda Nova Sonic. (Facebook/Honda Nova Sonic)

Motor ini merupakan cikal bakal dari keluarnya Sonic 150 yang kini banyak berseliweran di tanah air.  Motor ini  dibekali mesin 2-Tak berpindingin cairan serta dapur pacu sebesar 125cc.

Versi termutakhirnya, Honda Nova Dash 125 RS mampu melesat dengan tenaga mencapai 22 PS lho.

3. Suzuki RK Cool

Suzuki RK Cool. (olx.co.id)
Ilustrasi Suzuki RK Cool. (olx.co.id)

Motor ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya ayago rakitan Suzuki. Mengusung mesin 110 cc, motor dua tak ini mampu menghasilkan tenaga 15Hp. Beda tipis dengan motor sport masa kini.

Itulah tiga motor ayago ikonik yang patut dijadikan sebagai koleksi, atau bahkan investasi. Ada yang punya?

Berita Terkait

Berita Terkini