Sabtu, 04 Juli 2020

Inspiratif! Pria Ini Bikin Motor Listrik Bermodalkan Motor Sport Yamaha

Bisa ditiru nih caranya

Angga Roni Priambodo | Gagah Radhitya Widiaseno
cloud_download Baca offline
Kreratif bener bikin motor listrik berbahan motor sport Yamaha (Youtube)
Kreratif bener bikin motor listrik berbahan motor sport Yamaha (Youtube)

Mobimoto.com - Saat ini memang belum banyak yang menggunakan motor listrik. Hanya sebagian orang saja yang tertarik menjadikannya kendaraan sehari-hari.

Hal ini dikarenakan fasilitas pendukung yang dianggap belum memadai. Selain itu, belum banyak juga produsen motor yang memproduksi motor listrik. Padahal motor listrik nantinya bakal menggusur motor konvensional yang ada sekarang.

Ternyata motor listrik bisa dibuat dengan bahan motor konvensional, lho. Setidaknya hal itu terlihat dalam aksi yang dilakukan pria satu ini.

Seorang pria membuat sebuah video bagaimana mengubah motor konvensional menjadi motor listrik. Bahannya adalah motor sport Yamaha.

Dalam video Youtube Technical Partha, pria ini menggunakan Yamaha Saluto sebagai 'tumbal' untuk dijadikan motor listrik.

Proses pembuatan motor Yamaha Saluto jadi motor listrik ini dilakukan di India.

Proses pembongkaran bagian mesin (Youtube-Technical Partha)
Proses pembongkaran bagian mesin (Youtube-Technical Partha)

Di video tersebut, dijelaskan langkah-langkah bagaimana mengubah motor konvensional jadi motor listrik. Ada beberapa tahap yang dilakukan, mulai dari membongkar jok dan tangki motor, sampai mencopot bagian blok mesin untuk diganti dengan mesin penggerak.

Hal menarik dalam proses pembuatan motor listrik ini yakni memotong setang piston menggunakan gerinda. Hal ini dilakukan untuk memberikan ruang pada mesin listrik sebagai penggerak motor.

Baterai 48 volt diletakan persis di tengah rangka motor atau biasa untuk tempat aki dan kunci-kunci.

Setelah selesai pemasangannya, motor ini siap dipakai. Pria ini mengklaim kalau motor sport tersebut bisa melaju hingga 50 km/jam.

Penasaran dengan prosesnya? Klik link DI SINI!

Terkait

Terkini