Kamis, 04 Juni 2020

Bahan Knalpot Berpengaruh Pada Apa Saja? Begini Penjelasannya

Apakah knalpot berpengaruh pada performa?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Ilustrasi knalpot.[2banh.vn]
Ilustrasi knalpot.[2banh.vn]

Mobimoto.com - Para pencinta oprek motor saat ini disuguhi dengan berbagai macam jenis dan merek knalpot. Bahannya pun beragam, mulai dari galvanis, stainless, aluminium hingga penggunaan bahan titanium.

Beberapa di antara kanlpot-knalpot tersebut diklaim menggunakan bahan khusus yang membuat suara merdu atau meningkatkan performa secara signifikan. Tapi apakah betul?

Dikutip dari situs resmi Suzuki, rupanya hal tersebut tak sepenuhnya benar. Bahan knalpot pada motor rupanya disebut tidak berpengaruh pada suara.

"Memakai bahan apapun, baik itu bahan galvanis, stainless, aluminium hingga penggunaan bahan titanium. untuk membuat knalpot, suara yang dihasilkan oleh sepeda motor tidak akan Anda temukan perbedaannya." tulis mereka dalam situs resminya.

Ilustrasi knalpot sepeda motor. [Shutterstock]
Ilustrasi knalpot sepeda motor. [Shutterstock]

 

"Misalkan bahan knalpot paling tebal seperti aluminium atau stainless itu tebalnya sekitar 1 sampai 1,2 mm. Lalu, titanium hanya 0,8 mm, jika perbedaan tebal sekitar 0,2 mm maka tidak ada pengaruh apapun dalam suara." lanjut mereka.

Namun bahan knalpot tertentu memiliki bobot yang lebih ringan. Bobot knalpot inilah yang cukup berpengaruh pada knalpot, apalagi dalam konteks motor balap.

"Walaupun tidak berpengaruh pada suara yang dihasilkan, jenis bahan yang dipakai dalam pembuatan knalpot sepeda motor bisa berpengaruh pada performa sepeda motor. Ini bisa terjadi karena adanya perbedaan bobot berpengaruh pada bobot sepeda motor secara keseluruhan." 

 

Terkait

Terkini