Senin, 21 September 2020

Duel Motor Ambulans Hero vs Viar, Mana yang Lebih Cakep?

Praktis dan gesit, motor mulai dilirik sebagai kendaraan angkut pasien.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Motor Ambulans. (Youtube)
Motor Ambulans. (Youtube)

Mobimoto.com - Di tengah pandemi virus corona, kebutuhan terhadap alat-alat medis cenderung meningkat tajam, termasuk kebutuhan akan kendaraan medis atau ambulans. Dilansir dari Rideapart, raksasa motor India, Hero baru-baru ini menyumbangkan sejumlah 60 unit motor ambulans untuk instansi yang membutuhkan.

Motor tersebut mengambil basis dari motor yang mereka produksi dan kemudian disulap sebagai motor ambulans. Namun tak cuma India, di Indonesia sendiri, pabrikan motor yang bermarkas di Semarang, Viar juga ikut membuat motor ambulans.

Motor ambulans dari Viar merupakan hasil "operasi plastik" dari motor niaga roda tiga buatan mereka. Bagaimana jadinya jika dibandingkan?

1. Hero Xtreme 200R

Motor ambulans Hero Xtreme 200R. (Youtube/Shantonil Nag)
Motor ambulans Hero Xtreme 200R. (Youtube/Shantonil Nag)

Motor ambulans buatan Hero mengambil basis dari motor jenis Hero Xtreme 200R. Motor ini dibubuhi dengan sidecar di bagian samping. Sidecar ini terdiri dari ranjang pasien seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Tak ada atap maupun 'dinding', motor ini terlihat cukup terbuka yang mana bakal menjadi masalah saat motor ini digunakan untuk mengangkut orang sakit saat hujan.

Pada motor ini terdapat beberapa fitur seperti sirene, tabung oksigen serta perangkat komunikasi nirkabel. Untuk mesin, motor ini mengusung dapur pacu berkapasitas 199,6 cc yang mampu menghasilkan tenaga 13,5 kW dan 17,1 Nm.

2. Viar Karya

Motor ambulans Viar Karya. (Instagram)
Motor ambulans Viar Karya. (Instagram)

Motor ambulans dari Viar mengambil basis dari motor box, Viar Karya. Dilihat dari situs resmi Viar, Viar Karya edisi box hadir dengan kapasitas mesin 150cc dengan tenaga 7,5 kW dan torsi sebesar 9,8 Nm.

Berbeda dengan motor ambulans Hero, pada motor ini ranjang pasien terletak bukan di tempat terbuka tapi di dalam box.

Kesimpulannya, berbicara mengenai tenaga motor, motor ambulans buatan Hero lebih unggul dengan tenaga dan torsi lebih besar.

Tapi jika berbicara mengenai aksesoris untuk mengangkut pasien, Viar lebih unggul karena pasien diangkut di dalam ruang yang tertutup sehingga aman saat kehujanan.

Terkait

Terkini