Senin, 21 September 2020

TVS Akuisisi Pabrikan Motor Legendaris, Bukti Kedigdayaan Industri India?

Industri motor di sana tengah maju pesat. Sederet nama-nama tenar asal Eropa pun dicaplok.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
TVS Entorq 210
TVS Entorq 210

Mobimoto.com - Produsen motor asal India, TVS saat ini telah resmi mengakuisisi Norton. Sebelumnya, hal tersebut masih berupa rumor hingga akhirnya pihak TVS mengkonfirmasi hal tersebut. Dilansir dari Rideapart, TVS memboyong Norton dengan uang 16 juta poundsterling atau sekitar 300 miliar rupiah.

Padahal sebelumnya Norton sempat terganjal Nortongate yang mana merupakan skandal investasi misterius. Namun hal ini tak membuat TVS mengurungkan niatnya. Pabrikan motor asal Inggris ini pun resmi dibeli oleh TVS, berikut dengan kekayaan intelektual mereka dan juga kontrak karyawan.

"Ini merupakan waktu yang sangat penting bagi TVS. Norton adalah salah satu brand motor Inggris yang ikonik. Transaksi ini sejalan dengan usaha kami untuk mememnuhi keinginan para pelanggan motor. Kami akan mendunkung secara penuh Norton agar kembali meraih kejayaan secara global." tutur Managing Director TVS Motor Sudarshan Venu.

TVS Akula, sepeda motor 310 cc yang dikembangkan bersama BMW, dipamekan di IMOS 2016, Rabu (2/11) [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi].
TVS Akula, sepeda motor 310 cc yang dikembangkan bersama BMW, dipamekan di IMOS 2016, Rabu (2/11) [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi].

 

Dengan adanya akuisisi satu ini, praktis TVS mempunyai dua akses pada motor-motor Eropa. Selain Norton, TVS juga sempat menjalin kerjasama dengan produsen motor asal Jerman, BMW. Selain TVS, dua produsen motor India lainnya juga melakukan hal serupa. Produsen tersebut adalah Bajaj yang mengakuisisi KTM serta Hero yang bekerja sama dengan Harley-Davidson.

 

Terkait

Terkini