Jum'at, 02 Oktober 2020

Tips Aman Cuci Motor di Saat WFH, Hindari 4 Hal Ini Sob!

Pasti kalian pernah melakukannya kan saat mencuci motor, hayoo ngaku

Angga Roni Priambodo | Gagah Radhitya Widiaseno
cloud_download Baca offline
Ilustrasi cuci motor. (pixabay.com)
Ilustrasi cuci motor. (pixabay.com)

Mobimoto.com - Di saat kondisi work from home (WFH) seperti sekarang ini, mungkin banyak kegiatan yang bisa kalian lakukan di rumah, salah satunya mencuci motor.

Pastinya motor kalian selama WFH jarang sekali digunakan. Hal ini membuat debu bakal menempel pada bodi motor lho.

Nah kalian bisa mencuci motor sendiri di rumah selama WFH ini. Tapi jangan sembarangan untuk mencuci motor sendirian. Ada 4 hal yang wajib kalian ketahui saat mencuci motor di rumah.

Ini dia 4 hal yang harus kalian hndari saat mencuci motor saat WFH dikutip dari wahana Honda.

1. Hindari Cuci Saat Mesin Masih Panas

Biasanya hal ini sering diabaikan. Padahal mesin motor yang masih panas tidak boleh langsung dicuci. Hal ini sangat beralasan karena kondisi mesin yang panas dan langsung terkena air akan membuat kerusakan pada blok mesin dan pangkal knalpot.

Selain karena faktor komponen motornya, mesin yang masih panas juga berisiko melukai tangan kita ketika mencuci. Untuk itu, alangkah lebih baiknya jika kita menunggu sejenak agar mesin motor mendingin lebih dahulu baru sebelum dicuci.

2. Jangan Bersihkan Bodi Motor di Awal

Membersihkan bodi motor saat awal mau mencuci ternyata jadi kesalahan fatal. Hal ini bisa berisiko membuat permukaan body tergores.

Cara terbaik saat mencuci yaitu dengan menyemprotkan air terlebih dahulu pada bagian kaki-kaki sepeda motor, misalnya ban, spakbor, velg, dan body sektor bawah, lalu baru body bagian atas. Dengan disemprotkannya air bertekanan itu akan membuat pasir-pasir yang menempel rontok terlebih dahulu sebelum dicuci dengan menggunakan sabun cuci motor.

3. Hindari Semprot Rantai Motor dengan Tekanan Tinggi

Mungkin ini sering kali dilupakan buat yang doyan mencuci motor sendiri. Kenapa sih tidak boleh menyemprotkan rantai dengan air bertekanan tinggi?

Hal ini dihindari agar pelumas yang melapisi rantai tidak rontok sehingga mengurangi performa rantai. Selain itu, air juga akan berisiko menimbulkan karat yang membuat rantai mudah putus.

Cara tepat membersihkan rantai yaitu dengan mencampur sabun cuci anti minyak yang dicampurkan dengan bensin. Percikkan ke rantai, kemudian sikat dengan sikat gigi secara merata. Setelah itu lap rantai menggunakan kain hingga air yang terkandung benar-benar kering dan berikan pelumas rantai ingga merata di setiap sendi rantai.

4. Jangan Siram Mesin dengan Air Berlebihan

Kadang cara ini kerap dilakukan beberapa orang yang doyan mencuci motor sendiri. Padahal hal ini sangat riskan lho.

Komponen mesin adalah bagian motor yang paling sensitif pada air. Hal ini bertujuan agar air tidak masuk ke sistem pengapian yang akan membuat mesin motor jadi mogok.

Oleh karena itu, bersihkan mesin dengan air secukupnya saja agar sistem pengapian motor tetap terjaga.

Cukup membantu bukan caranya, bisa dicoba nih pas kondisi seperti ini.

Terkait

Terkini