Selasa, 29 September 2020

Harga Satu Set Rem Motor MotoGP, Bisa Dapat Mobil Mewah ini Bro

Satu set rem Brembo MotoGP saja sudah tembus biaya segini.

Angga Roni Priambodo | Hikmawan Muhamad Firdaus
cloud_download Baca offline
Andrea Dovizioso dan Marc Marquez di MotoGP Austria. (Instagram/marcmarquez93)
Andrea Dovizioso dan Marc Marquez di MotoGP Austria. (Instagram/marcmarquez93)

Mobimoto.com - Motor MotoGP terkenal dengan biaya pembuatan yang tidak mudah dan murah. Termasuk untuk sektor rem yang juga dibuat khusus.

Untuk menghentikan laju kuda besi dengan top speed hingga 350 km/jam, perlu perangkat rem khusus. Untuk yang satu ini dipercayakan pada pabrikan bernama Brembo.

Sebagai contoh untuk MotoGP 2018, Brembo menawarkan dua kaliber berbeda yang sesuai tugas ringan atau berat dan empat jenis cakram dari bahan karbon yang tidak murah, seperti dilansir dari Brembo.com.

Ada opsi piringan cakram berukuran 320mm dan 340mm, masing-masing dengan pilihan konfigurasi standar atau "high-mass". Pilihan konfigurasi ini berbeda untuk setiap pembalap, tergantung pada kondisi trek dan cuaca.

Ilustrasi rem Brembo MotoGP 2018.[Brembo.com]
Ilustrasi rem Brembo MotoGP 2018.[Brembo.com]

Tidak sembarangan, piringan cakram dan kampas rem mencapai puncak efisiensi penghentian ketika suhu mencapai 400 derajat Fahrenheit. Dan permukaan cakram dapat mencapai 1.500 derajat selama balapan.

Setiap tim memiliki anggaran besar-besaran untuk rem Brembo ini, mulai dari pengembangan hingga proses penyesuaian pada masing-masing pembalap.

"Kami bekerja dengan pembalap untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan," kata Davide Acerbis, insinyur utama Brembo MotoGP dikutip dari Motorcyclistonline.com.

Biaya untuk satu set cakram karbon Brembo GP dan kaliper monoblok bisa tembus hingga sekitar 20.000 dollar atau sekitar Rp 313,8 juta.

Sedangkan untuk satu musim itu menurut FIM berkisar 70.000 EURO atau Rp 1,2 miliar belum termasuk pajak. Satu paket sistem rem depan tersebut berisi 3 unit kaliper rem, 3 unit master rem, 10 cakram berbahan karbon dan 28 pasang kampas rem.

Wah dari rem saja sudah bisa beli mobil Toyota Alphard, gokil!

Terkait

Terkini