Jum'at, 10 Juli 2020

Tips Aman Dari Tompi untuk Driver Ojol di Tengah Corona, Bisa Dicoba Nih

Buat para driver ojol yang tengah bekerja di tengah pandemi corona ini, bisa nih tipsnya dicoba

Angga Roni Priambodo | Gagah Radhitya Widiaseno
cloud_download Baca offline
Dr Tompi, penyanyi sekaligus dokter
Dr Tompi, penyanyi sekaligus dokter

Mobimoto.com - Pandemi virus corona menyebabkan beberapa instansi melakukan kebijakan Work From Home (WFH). Para pegawai pun disarankan untuk tidak beraktivitas di luar jika dirasa tidak terlalu penting.

Namun bagaimana jikalau orang yang pekerjaannya mengharuskan untuk tetap beraktivitas di luar seperti driver ojek online (ojol). Tak bisa kan mereka melakukan WFH.

Nah, penyanyi sekaligus dokter, Tompi memberikan tips aman untuk para driver ojol di tengah pandemi corona ini. Tips ini dibagikan lewat channel Youtube Helmy Yahya Bicara bertajuk "Maksa Mudik Lebaran Bisa Menjadi Bencana Besar".

"Khusus untuk saudara-saudara yang terpaksa bekerja harian, itu diajarkan behavior social distancing misal tukang ojek." ujar dr Tompi.

"Pemesanan penumpang paling menurun tapi pemesanan makanan meningkat kan. Abang ojek ini kan dia ke restoran ngambil makanan, dia kan enggak tau yang masak udah kena atau enggak. Di bungkusannya udah ada virus misalnya," tambahnya.

Tips aman Dokter Tompi untuk para Driver ojek online (Instagram-dr_tompi)
Tips aman Dokter Tompi untuk para Driver ojek online (Instagram-dr_tompi)

Menurut Tompi yang juga seorang dokter, driver ojol perlu menggunakan sarung tangan plastik baru setiap mengambil makanan yang dipesan. Bila tidak ada sarung tangan, plastik biasa juga bisa digunakan.

"Plastik es batu gitu, masukin tangannya, pegang (bungkusan) taruh di belakang boks khusus, tutup. Udah buang plastiknya, naik motor," ucap Tompi.

Setelah sampai tujuan pengantaran, ojol tersebut sebaiknya mengenakan sarung tangan lagi.

"Plastik kan enggak mahal, memang jadi nyampah ya. Cuma ini cara yang paling mudah untuk saat ini. Pakai lagi plastik, ambil serahkan ke pelanggan. Nah yang terima mungkin disemprot-semprot dulu terserah," tutur Tompi.

Pria bernama asli Teuku Adifitrian tersebut juga membagikan tips menjaga kebersihan sehabis bepergian.

"Kalau saya terpaksa harus keluar walaupun cuma ke apotek beli obat atau ke restoran ambil makanan. Begitu balik ke rumah, buka baju semuanya. Sandal selalu taruh di luar enggak saya masukin ke dalam rumah," jelas Tompi.

Ia juga mencoba tidak menyentuh pintu rumah apalagi anak-anaknya.

"Langsung ke kamar mandi, mandi dulu bersih semuanya. Udah benar-benar yakin bersih baru saya melakukan aktivitas biasa," imbuh Tompi.

Untuk melihat video selengkapnya, klik DISINI

Terkait

Terkini