Minggu, 20 September 2020

Lakukan 5 Hal ini Agar Motor Matic Kalian Tetap Prima Meskipun Di Rumah Aja

Jangan lupa lakukan 5 hal ini ya bro

Angga Roni Priambodo | Hikmawan Muhamad Firdaus
cloud_download Baca offline
Honda Beat 2020. (astra-honda.com)
Honda Beat 2020. (astra-honda.com)

Mobimoto.com - Buat yang punya motor matic, jangan lupa lakukan 5 hal ini agar tetap prima. Meskipun tidak dipakai kemana-kemana karena sedang menjalankan work from home atau di rumah aja.

Lima hal ini juga cukup simpel dan bisa dilakukan sembari mengisi waktu kosong di saat pandemi virus corona seperti sekarang ini.

1. Rutin lakukan panaskan motor

Hal yang perlu dilakukan adalah rutin memanaskan motor. Hal ini bertujuan agar sirkulasi oli di dalam mesin tetap terjaga, sehingga kondisi masih oke.

Untuk waktu sekitar 5 - 10 menit, bisa dilakukan sembari kalian berjemur nih. Untuk menghidupkan dianjurkan memakai kick stater.

Ilustrasi Aki Motor. (All State Blog)
Ilustrasi Aki Motor. (All State Blog)

2. Cek kondisi aki

Aki pada motor matic bisa dibilang sebagai nyawa. Apalagi untuk generasi terbaru yang sudah bergantung pada kelistrikan.

Kalian harus rutin cek kondisi aki, bisa dengan melihat indikator pada kokpit untuk motor sekarang ini. Atau jika aki basah coba cek cairan apakah masih di atas garis bawah atau belum.

3. Cek bensin

Cek kondisi bensin juga perlu dilakukan pada motor matic. Jangan sampai kehabisan, terutama pada motor injeksi.

Sebab jika kehabisan bensin dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. Jika memungkinkan, pastikan tangki selalu terisi penuh.

Ilustrasi cek tekanan angin ban motor [Shutterstock].
Ilustrasi cek tekanan angin ban motor [Shutterstock].

4. Cek tekanan angin pada ban

Hal lain yang bisa dilakukan adalah cek tekanan angin. Sebab motor yang tidak dipakai lama biasanya akan kurang angin.

Biasanya, tekanan angin pada roda depan motor matic sekitar 28 psi dan belakang sekitar 31 psi. Kalian bisa menggunakan alat ukur tekanan yang kini sudah banyak dijual bebas.

5. Cuci motor

Hal terakhir yang dapat dilakukan adalah mencuci motor. Selain membuatnya tampil kinclong, juga menjaga dari bakteri yang menempel.

Terkait

Terkini