Rabu, 30 September 2020

Muncul Paten Motor 250cc Suzuki Baru, Siap Tarung Lawan CBR 250RR?

Akankah akhirnya Suzuki bakal tempur dengan tiga rivalnya di ranah motor DOHC dua silinder?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Logo Suzuki. (seeklogo.com)
Logo Suzuki. (seeklogo.com)

Mobimoto.com - Produsen motor yang dikenal dengan logo "S", Suzuki baru-baru ini diduga tengah mengembangkan mesin motor baru.

Dilansir dari Visordown, motor tersebut punya kapasitas mesin 250cc. Akankah Suzuki akhirnya merilis motor dobel silinder guna menandingi Yamah R25, Honda CBR250RR dan kawan-kawan? Rupanya tidak.

Berdasarkan paten mesin yang beredar tersebut, diduga kuat bahwa mesin ini tetap mengusung mesin yang telah ada saat ini. Paten baru tersebut berfokus pada pengurangan emisi gas buang agar motor ini lolos Euro5.

Paten motor Suzuki baru. (visordown.com)
Paten motor Suzuki baru. (visordown.com)

Pada gambar, terlihat bahwa motor ini bakal menggunakan dua katalisator guna mereduksi polusi udara yang keluar dari mesin.

Katalis umumnya terletak pada bagian muffler yang menjadi tempat untuk mencegah polusi berlebihan keluar dari mesin.

Namun ada tambahan, yakni katalis kecil yang berada di dekat mesin. Katalis ini menghubungkan dua 'leher angsa' dari dua silinder motor tersebut, sehingga gas buang disaring dua kali sebelum meninggalkan mesin.

Dari pengembangan ini, sekilas terlihat bahwa Suzuki fokus untuk membuat motor berkapasitas 250cc mereka lebih nyaman dikendarai, lebih lembut dan punya torsi yang lebih merata pada tiap putaran mesin.

 

Terkait

Terkini