Selasa, 03 Agustus 2021

Bedah Fitur Baru dan Canggih yang Ada di Honda BeAT 2020

Dibandingkan dengan generasi sebelumya, Honda BeAT punya fitur yang oke punya

Angga Roni Priambodo | Gagah Radhitya Widiaseno
cloud_download Baca offline
Honda Beat 2020. (astra-honda.com)
Honda Beat 2020. (astra-honda.com)

Mobimoto.com - Honda BeAT 2020 resmi diluncurkan di Jakarta pada Kamis (16/1/2020) silam. Ternyata banyak ubahan yang dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk membuat BeAT terbaru ini makin kece.

Salah satu motor gacoan Honda ini memiliki desain dan fitur yang semakin modern. Bahkan mesin dan sasisnya pun berbeda dari generasi sebelumnya.

Honda BeAT terbaru menggunakan mesin berkapasitas 109,5 cc SOHC. Dengan mesin tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 9 PS dengan torsi 9,3 Nm.

Pada generasi sebelumnya yakni 2016, Honda masih menggunakan mesin berkapasitas 108,2 cc.

Mesin yang disematkan pada Honda BeAT terbaru serupa dengan milik Genio. Hal ini sengaja dibuat seperti itu untuk meningkatkan konsumsi bahan bakar serta meningkatkan performa.

Honda BeAT 2020 (Astra Honda Motor)
Honda BeAT 2020 (Astra Honda Motor)

Nah yang jadi perhatian yakni penggunaan sasis terbaru yang digembor-gemborkan Honda. Sasis mengusung teknologi baru yang disebut Enhandced Smart Arcitecture Frame atau disingkat eSAF serupa milik Genio.

Dengan sasis ini diklaim tahan dari pembengkokan saat dikendarai. Tak cuma itu, sasis baru ini juga membuat pengendalian lebih mudah dan gesit.

Kapasitas tangki pada Honda BeAT terbaru ini meningkat jadi 4,2 liter, yang sebelumnya hanya 4 liter saja. Bagasi pun semakin luas menjadi 12 liter.

Di bagian pengaman, Honda membekali dengan kunci kontak yang sudah terintegrasi dengan pembuka jok. Berbeda dari versi sebelumnya yang hanya memakai pengaman kunci magnetik.

Fitur andalan lain pada BeAT baru yakni sudah terdapat ada soket cas dengan daya maksimal 12 W (12V 1A). Soket cas terletak bawah kunci kontak, tepatnya di laci bagian kanan.

Namun, fitur ini hanya terdapat untuk BeAT tipe CBSS-ISS. Dengan adanya kunci kontak terintergasi dan soket di laci kanan maka glove box Beat 2020 hanya tersisa di sebelah kiri.

Adapun letak soket di laci kanan ini berbeda dengan punya Genio yang terletak di dalam bagasi. Secara fungsi soket Beat lebih fungsional dan mudah dijangkau.

Terkait

Terkini