Jum'at, 10 Juli 2020

Cegah COVID-19, Ojol Sarankan Penumpang Bawa Helm Sendiri

Meski diberlakukan social distancing atasi COVID-19, ojol menyarankan penumpangnya bawa helm sendiri.

Angga Roni Priambodo
cloud_download Baca offline
Ilustrasi ojek online (ojol).(mobimoto.com/Ema Rohimah)
Ilustrasi ojek online (ojol).(mobimoto.com/Ema Rohimah)

Mobimoto.com - Dalam upaya mengantisipasi wabah Virus Corona atau COVID-19 yang terus menyebar di Indonesia, Asosiasi Pengemudi Ojol Garda menyarankan agar para konsumen yang menggunakan jasa ojek online atau ojol untuk membawa helm sendiri.

Menurut Ketua Presidium Garda, Igun Wicaksono, pihaknya memiliki 15 poin protokol kesehatan bagi rekan-rekan ojol untuk menghindari menyebarnya COVID-19. Salah satunya, menyarankan konsumen untuk membawa helm sendiri.

"Bagi penumpang atau pelanggan ojol yang rutin menggunakan jasa ojol agar mulai membawa helm SNI pribadi sendiri. Gunakan tas khusus helm untuk membawa helm demi keamanan dan kenyamanan penumpang," ujar Igun Wicaksono kepada Suara.com - jaringan Mobimoto.com.

Helm-helm buatan Shoei dipamerkan di Milan, Italia pada 2014 lalu. [Shutterstock]
Helm-helm buatan Shoei dipamerkan di Milan, Italia. Sebagai ilustrasi [Shutterstock]

Tidak hanya helm, kebersihan motor juga menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan. Seorang dokter sekaligus biker, dr. Rinaldi Sahputera, MMR menyoroti bahwa ada bagian tertentu yang wajib dibersihkan secara rutin.

"Selain rutin dicuci, ada bagian tertentu yang kerap tersentuh dan wajib diperhatikan. Bagian itu antara lain bagian kemudi motor seperti hand grip, juga kunci motor," tuturnya.

"Selain itu, bagian tangki (khususnya pada motor sport, Red) serta boks (bagi yang memasang boks) juga perlu disterilkan," terangnya.

Untuk membersihkan, setidaknya diperlukan sabun atau cairan disinfektan. Dan untuk membuatnya tidak sulit. Dokter dari RS PKU Muhammadiyah Wonosari ini berujar bahwa cuma diperlukan cairan pemutih pakaian.

"Untuk membuat 10cc cairan pembersih, larutkan 1cc cairan pemutih pakaian dengan 9cc air. Kalau ingin yang lebih ampuh, air bisa diganti dengan cairan klorin. Perbandingannya 1:9," tutur dokter serta anggota dari Benelli Owner Indonesia itu.

Selamat mencoba resep pembersih kendaraan roda dua dalam mengatasi COVID-19 dan jaga jarak sesuai imbauan social distancing.

Di luar aturan negara-negara lain yang melakukan kuncitara atau kunci sementara alias lockdown, pemerintah Indonesia dan setempat juga mengimbau agar warga melakukan social distancing di kediaman masing-masing.

Bagaimanapun, social distancing adalah wacana penting untuk mencegah cepatnya laju Novel Coronavirus. Dengan menerapkan Working From Home (WFH), tidak bepergian kecuali sangat penting atau mendesak, serta membatasi lingkup gerak sosial termasuk bertemu dengan banyak orang, semoga kondisi masyarakat Indonesia terutama aspek kesehatan terus menunjukkan grafik aman terkendali dalam kurva eksponensial melawan laju Virus Corona atau COVID-19.

Catatan dari Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal Virus Corona COVID-19, silakan hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Terkait

Terkini