Senin, 14 Juni 2021

Kenalan Sama Suzuki RE5, Motor Tanpa Piston yang Malah Bertenaga Gahar!

Satu piston hingga 4 piston banyak di ditemui di jalan. Tapi kalau tanpa piston?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Suzuki RE5. (classicbikeguide.com)
Suzuki RE5. (classicbikeguide.com)

Mobimoto.com - Saat ini di pasaran, kebanyakan motor selalu memiliki piston, baik cuma sekadar satu piston ataupun 4 piston dalam satu mesin. Tapi tak semua motor punya piston lho, setidaknya racikan Suzuki satu ini jadi bukti.

Mengusung mesin tanpa piston atau kerap disebut mesin wankel, boleh jadi saat ini cukup jarang ditemui. Namun mesin tersebut tergolong sebuah terobosan brilian di jamannya.

Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga/cc lebih besar dari mesin 4-tak tapi tak buruk untuk lingkungan seperti mesin 2-tak.

Walaupun punya banyak keunggulan, tapi mesin yang juga disebut rotary engine ini cuma sedikit populasinya.

Bahkan Suzuki RE5 menjadi satu-satunya motor bermesin wankel dari Jepang.

Suzuki RE5. (motorcyclespecs.co.za)
Suzuki RE5. (motorcyclespecs.co.za)

Pengembangan motor ini tergolong sulit. Suzuki setidaknya membutuhkan 4 tahun untuk meracik motor ini sebelum resmi diproduksi pertengahan tahun 1974.

Sulitnya pengembangan mesin ini disebabkan banyaknya teknologi canggih. Apalagi motor ini mampu mencapai suhu 927 derajat celcius, sehingga perlu ditopang banyak perangkat mumpuni baik di sektor pendingin mesin maupun ketahanan material.

Hasilnya kendati motor ini punya bobot kotor yang masih yakni 252 kg, untuk urusan tenaga motor ini mampu menghasilkan tenaga 62 daya kuda, yang mana cukup mumpuni waktu itu.

Terkait

Terkini