Kamis, 09 Juli 2020

Biar Bebas Virus, Ini Bagian Motor yang Wajib Dibersihkan Menurut Dokter

Bagian mana saja yang penting untuk dibersihkan?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Ilustrasi cuci motor. (pixabay.com)
Ilustrasi cuci motor. (pixabay.com)

Mobimoto.com - Merebaknya virus corona di tanah air beberapa waktu belakangan seolah menjadi pengingat betapa pentingnya menjaga kebersihan, termasuk di motor. Faktanya, beberapa bagian motor wajib rutin dibersihkan untuk mencegah penularan virus, termasuk virus corona.

Terkait hal ini, Mobimoto.com sempat bertanya pada seorang dokter yang juga merupakan seorang bikers, dr.Rinaldi Sahputera, MMR. Terkait kebersihan motor, ia menyoroti bahwa ada bagian tertentu yang wajib dibersihkan secara rutin.

"Selain rutin dicuci, ada bagian tertentu yang kerap tersentuh dan wajib rutin diperhatikan. Bagian itu antaralain bagian kemudi motor seperti hand grip dan juga kunci motor." tuturnya pada Mobimoto.com.

Artwork Karya Helly K.K.K pada Tangki Motor 'Belo Negoro'. (Dok. Kustomfest 2018)
Tangki Motor 'Belo Negoro'. (Dok. Kustomfest 2018)

"Selain itu, bagian tangki (khususnya pada motor sport, -red) serta box (bagi yang memasang box) juga perlu disterilkan." imbuhnya.

Untuk membersihkan, setidaknya diperlukan sabun atau cairan desinfektan. Untuk membuat cairan desinfektan pun ternyata mudah. Dokter dari RS PKU Muhammadiyah Wonosari ini berujar bahwa cuma diperlukan cairan pemutih pakaian.

"Untuk membuat 10cc cairan pembersih, larutkan 1cc cairan pemutih pakaian dengan 9cc air. Kalau ingin yang lebih ampuh, air bisa diganti dengan cairan klorin. Perbandingannya 1:9." tutur dokter yang juga anggota dari Benelli Owner Indonesia tersebut.

Terkait

Terkini