Sabtu, 04 Juli 2020

Bukan Harley-Davidson dan Ducati, Ternyata Inilah Pembuat Superbike Pertama

Motor asal Inggris ini menjadi trendsetter zaman dahulu kala.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Brough SS100. (silodrome.com)
Brough SS100. (silodrome.com)

Mobimoto.com - Industri motor saat ini tentu saja sudah sangat jauh berbeda dari seabad silam.

Saat ini, motor-motor dengan kubikasi raksasa plus tenaga monster alias superbike tak sulit ditemui di pasaran. Tapi beda dengan abad lalu, tepatunya era 1920-1930.

Dilansir dari Silodrome, pencetus motor berkubikasi jumbo pertama adalah seorang warga negara Inggris bernama George Brough.

Bukan sembarang orang, George adalah putra dari bos produsen motor bernama William E. Brough.

George bekerja di perusahaan ayahnya dan mulai ikut kompetisi motor sejak sekolah tahun 1906. Ia sempat memenangi London-Edinburgh Back Triall tiga tahun beruntun, 1910-1912. Tak cuma itu, ia juga memenangi medali emas di Scottish Six Days Trial tahun 1912.

Prototype Brough SS100. (silodrome.com)
Prototype Brough SS100. (silodrome.com)

Namun tahun 1919, George berselisih paham dengan ayahnya terkait pengembangan motor. Sang ayah, William lebih memilih untuk mengembangkan motor 'biasa' dan George ingin mengembangkan motor multi silinder.

Ia pun keluar dari perusahaan ayahnya, mendirikan bisnis motor sendiri dan meracik motor bermesin V-Twin, sesuatu yang kini kerap terlihat dari motor-motor buatan Harley-Davidson dan Indian.

Walaupun sekarang mungkin hal tersebut bukan barang istimewa, namun mesin ini merupakan sebuah gebrakan luar biasa. Bahkan Harley-Davidson dan Indian saat itu belum seperti saat ini.

Saat itu, George mulai membangun perusahaannya untuk membuat motor yang superior dibandingkan semua motor yang ada.

Alhasil tahun 1919, George berhasil membuat Brough Superior, yang mulai dipasarkan tahun 1920. Mulanya motor ini dibuat untuk mengisi pasar motor mewah, menjadikannya barang yang menyimbolkan kekayaan.

Motor racikannya pun menjadi tren yang diikuti para pabrikan lainnya.

Akhirnya pabrikan tersebut berhasil membuat Brough Superior SS100 dengan mesin 4-Tak yang berkapasitas 980cc dan 996cc tergantugn varian.

Nama SS100 menyiratkan bahwa motor ini mampu melesat 100 mph atau sekitar 160 km/jam, kecepatan yang sangat istimewa zaman dahulu kala.

Terkait

Terkini