Sabtu, 04 April 2020

Biar Makin Laku, Donald Trump Tekan India Biar Harley-Davidson Makin Murah

Namun rupanya Pemerintah India punya akal bulus terkait tekanan tersebut.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Harley-Davidson FXDR. (Harley-Davidson)
Harley-Davidson FXDR. (Harley-Davidson)

Mobimoto.com - Tingginya biaya impor di India membuat barang-barang yang didatangkan dari berbagai negara punya harga yang sulit terjangkau. Termasuk harga motor buatan Amerika Serikat (AS), Harley-Davidson (HD).

Akibatnya, negeri Bollywood tersebut mendapatkan kritik dari presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Ia pun menyerukan agar India menurunkan pajak impor agar harga HD bisa lebih terjangkau.

Dilansir dari Visordown, pajak tersebut turun dari yang mulanya 100% menjadi 50%. Namun tentu saja hal tersebut tak mendatangkan keuntungan bagi HD sendiri, sebab banyak rival-rival HD yang juga kebagian untukng, seperti Triumph dan juga Indian Motorcycles.

Namun Pemerintah India tak kehilangan akal. Walaupun mereka menurunkan pajak impor utuh (CBU), mereka justru malah menaikkan tarif perakitan (CKD) dari 10% menjadi 15%.

Kebijakan ini justru mempengaruhi banyak produk-produk dari HD.

Harley-Davidson cafe racer. (rideapart.com)
Harley-Davidson cafe racer. (rideapart.com)

 

Jika ditelisik lebih jauh, HD cuma menjadi pion bagi kebijakan-kebijakan Donald Trump yang tengah perang tarif dengan beberapa negara baik di Asia dan juga Eropa.

Selain itu, walaupun terkesan mendapat bantuan berupa campur tangan dari Pemerintah AS, namun nyatanya penjualan HD untuk pasar domestik tetap menurun 25% di 7 tahun terakhir.

Terkait

Terkini