Motor

Legendaris dan Merakyat, Ini Motor Tua Milik Mantan Presiden SBY

Jarang ada yang tahu nih, kalau Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) punya motor merakyat ini.

Angga Roni Priambodo

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (suara.com)
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (suara.com)

Mobimoto.com - Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikenal sebagai Presiden Indonesia yang ke-6. Sebagai mantan pemimpin negara, segala hal yang berkaitan dengan pria kelahiran Pacitan, Jawa Timur tersebut selalu menarik untuk dibahas, tak terkecuali dengan tunggangan pribadinya.

Selama ini masyarakat mengenal SBY sebagai presiden pertama yang mampu menyelesaikan tugasnya selama dua periode (2004-2014). Lepas dari masa jabatannya, suami dari Kristiani Herrawati kini fokus sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

Soal tunggangan, selama menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia, SBY sering terlihat menggunakan Mercedes-Benz S600 lansiran 1994 dan Mercedes-Benz S600L model AW221 keluaran 2008. Tapi, belum banyak yang tahu kalau kakek dari empat cucu itu memiliki motor lawas.

Informasi tersebut diperoleh dari Laporan Harta Kekayaaan Penyelenggara Negara (LKHPN) pada tahun 2014. Motor yang dimaksud adalah Suzuki Tornado.

Suzuki Tornado. (YouTube/Motoren)
Suzuki Tornado. (YouTube/Motoren)

Motor itu merupakan lansiran tahun 1997 dan diperoleh dari pemberian orang (hibah). Kalau dinominalkan, Suzuki Tornado milik SBY seharga Rp 2.500.000.

Pun kalau dilihat dari sejarahnya, motor tersebut hadir di Indonesia sebagai penerus dari Suzuki Crystal sekaligus pesaing Yamaha F1Z. Tapi kalau soal jeroan, dapur pacunya cukup bisa diandalkan.

Dalam masa kejayaannya, Suzuki Tornado menawarkan dua model yaitu GX dan GS. Untuk seri Suzuki Tornado GX dibekali dengan mesin 100cc yang mampu menghasilkan tenaga 9,5 HP. Sedangkan untuk Suzuki Tornado GS mengusung mesin 109cc dengan tenaga maksimal 12,5 HP.

Berita Terkait

Berita Terkini