Selasa, 25 Februari 2020

Cuma di Sini, Pemerintah Berikan Subsidi Pembuatan SIM Buat Para Ojol

Driver ojol yang belum memliki SIM bisa mendapatkan subsidi pemerintah.

Angga Roni Priambodo | Gagah Radhitya Widiaseno
cloud_download Baca offline
Ilustrasi abang ojol. (Twitter/CrazyINA)
Ilustrasi abang ojol. (Twitter/CrazyINA)

Mobimoto.com - Surat izin Mengemudi (SIM) memang menjadi syarat wajib buat kalian yang ingin mengendarai kendaraan bermotor. SIM ini wajib dibawa ketika berkendara dimanapun.

Namun kesadaran masyarakat untuk memiliki SIM masih kurang khususnya di Indonesia. Masih banyak pengendara yang belum memiliki SIM namun nekat untuk mengendarai motor.

Untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya SIM, pemerintah melakukan beberapa upaya salah satunya memberikan subsidi pembuatan SIM.

Dilansir dari Bikesrepublic, pemerintah Selangor menggelar program khusus berupa subsidi pembuatan SIM. Pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp 350 Ringgit Malaysia atau setara dengan Rp 1,9 juta.

Jadi, kaum milenial yang ingin membuat SIM di Selangor, bisa melakukannya tanpa harus membayar apa-apa. Namun, program ini hanya berlaku untuk 3.000 orang saja.

Pengendara ojek online yang embantu mendorong motor pelanggannya.
Pengendara ojek online yang embantu mendorong motor pelanggannya.

Dana yang disediakan untuk melancarkan program tersebut, mencapai 1 juta Ringgit atau setara dengan Rp 3,3 miliar.

Pemberian subsidi ini dilakukan karena masyarakat di sana masih belum banyak yang memiliki SIM lantaran biaya pembuatan SIM dinilai terlalu mahal.

Padahal banyak para ojek online yang belum memiliki SIM nekat mengambil penumpang. Padahal hal ini bisa membahayakan keselamatan penumpang.

Dengan program ini, pemerintah berharap kesadaran masyarakat akan pentingnya SIM bisa tumbuh dan berkembang.

Terkait

Terkini