Senin, 16 Desember 2019

Siap Tantang Industri Jepang, Ini Produsen Motor India yang Menggurita

Produsen ini mampu mengakuisisi sederet nama tenar dari Eropa.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
Jawa Perak meluncur di India. (autocarindia.com)
Jawa Perak meluncur di India. (autocarindia.com)

Mobimoto.com - Sudah bukan rahasia lagi bahwa pemain utama yang mendominasi pasaran otomotif dunia kebanyakan berasal dari negara Jepang.

Termasuk di industri roda dua di mana penjualan motor didominasi oleh empat merek asal Jepang, yakni Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki.

Namun selain itu, belakangan kerap terjadi pencaplokan brand-brand strategis dari Eropa oleh perusahaan-perusahaan India.

Hal itu bisa menjadi tanda bahwa perlahan tapi pasti, industri otomotif India siap bersaing melawan Jepang. Siapa saja mereka?

1. Bajaj

KTM Super Duke. [Shutterstock]
KTM Super Duke. [Shutterstock]

 

Bajaj merupakan salah satu produsen motor ternama asal India yang sempat meluncurkan produknya di Indonesia beberapa tahun silam.

Walaupun namanya kini kurang terdengar pasca hengkangnya brand tersebut dari tanah air, namun di kancah internasional mereka menggeliat menjadi pemain besar.

Bajaj sempat membeli saham kepemilikan KTM, dan saat ini KTM tengah memegang dua produsen motor Eropa lainnya, Husqvarna dan Gasgas, menjadikan empat produsen ini memiliki jaringan penjualan yang luas di kancah internasional.

Belum lagi, belum lama ini mereka dikabarkan menjalin kerja sama dengan Triumph untuk memproduksi motor dengan kubikasi kecil.

2. TVS

TVS Akula 310. [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]
TVS Akula 310. [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]

 

Berbeda dengan Bajaj, TVS 'hanya' menjalin kerja sama dengan brand asal Jerman, BMW. Salah satu produk hasil kerja sama mereka adalah TVS Akula 310, BMW G310 R dan BMW G 310 GS.

3. Mahindra

Dua varian baru dan satu penyegaran dari line up Peugeot Django [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Dua varian baru dan satu penyegaran dari line up Peugeot Django [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

 

Mahindra, produsen mobil asal India juga melakukan hal serupa seperti Bajaj, yakni dengan mengakuisisi sejumal produsen strategis.

Tak tanggung-tanggung, mereka 'menghidupkan' dua brand klasik yang kembang kempis, BSA dan Jawa serta yang terbaru mereka mencaplok produsen motor asal Prancis Peugeot Motorcycles.

4. Royal Enfield

Royal Enfield  Continental GT 650 'The 30' (Suara.com/Cesar Uji Tawakal)
Royal Enfield Continental GT 650 'The 30' (Suara.com/Cesar Uji Tawakal)

 

Berbeda dengan tiga produsen sebelumnya, Royal Enfield mulanya adalah produsen asal Inggris yang juga memiliki pabrik di India.

Namun pabrik mereka di Inggris ditutup, menjadikan India sebagai markas produksi mereka.

Perlahan tapi pasti tahun 1991 mereka diakuisisi oleh Eicher Motor, nama mereka pun sempat diubah sebelum akhirnya dikembalikan lagi seperti semula.

Terkait

Terkini