Jum'at, 06 Desember 2019

Heboh Tambal Ban Tubeless dengan Alat Sederhana Ini, Malah Picu Perdebatan

Ada yang pernah coba menambal ban tubeless dengan cara ini?

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
Cek tekanan ban. (motorcycle.com)
Cek tekanan ban. (motorcycle.com)

Mobimoto.com - Saat berkendara, kurang angin saja sudah bikin merepotkan apalagi kalau sampai mengalami ban bocor. Bahkan ada yang menyebut tambal ban tubeless bisa dilakukan hanya dengan alat sederhana ini.

Ban motor jenis tubeless memang punya beberapa kelebihan dibanding ban motor biasa. Salah satu kelebihannya adalah ketika mengalami kebocoran ban.

Bahkan alat dan bahannya pun banyak dipasarkan di toko online, dengan harga yang cukup murah.

Namun ternyata ada cara lain yang lebih sederhana, karena alat yang digunakan pun mudah didapatkan bahkan di toko kelontong.

Tapi cara tersebut malah menuai perdebatan warganet. Pasalnya ada yang pernah mencoba dan berhasil, tapi ada juga yang gagal dan malah mengaku kondisinya tambah parah.

Berawal dari unggahan yang dibagikan warganet bernama Yudhistira. Pada unggahan itu dijelaskan kalau jenis ban tubeless bisa ditambal hanya dengan menggunakan lem multifungsi.

"Maum berbagi pengalaman, lur. Buat yang ngebid (ojek online) pakai motor dengan ban tubeless, sediain lem power buat jaga-jaga, kalau ban bocor kena paku atau apalah,"

Pada gambar tersebut juga dijelaskan cara penggunaannya "(Caranya) tinggal ditetesin ke lubang bekas tertancap paku, tunggu sampai kering terus ditambah angin..."

Lem Multifungsi. (Facebook)
Lem Multifungsi Untuk Tambal Ban Tubeless. (Facebook)

Ternyata unggahan yang dibagikan oleh Yudhsitira itu mendapat beragam tanggapan dari warganet, yang mengaku pernah mencoba cara tersebut.

Tapi tentu saja menambal ban tubeless dengan lem multifungsi, seperti yang dijelaskan pada cara tersebut hanya untuk sementara waktu.

"Pernah coba, tapi cuma sementara aja. Lama-lama juga bocor halus dan angin berkurang. Solusinya ya tetep ke tukang tambal ban tubeless..." Kata Fajar.

"Kalau darurat nggak papa mbah, tapi tetep kempes lagi karena lem nggak bisa selaras sama lem yang keras. Bisa-bisa lem pecah kena aspal. Pernah coba dan cukup membantu, tapi hanya buat nunda nambal ban aja, bukan buat jangka panjang." Ujar Ean.

Ada yang pernah mencoba menambal ban tubeless dengan cara di atas?

Terkait

Terkini