Senin, 16 Desember 2019

Perlu Tahu, Ini Bahasa Anak Bengkel Saat Cari Sparepart Motor

Ada beberapa istilah sparepart motor yang biasa ditemui saat di bengkel.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
Ilustrasi Sparepart Motor Mounting Engine. (Facebook/Robbi)
Ilustrasi Sparepart Motor Mounting Engine. (Facebook/Robbi)

Mobimoto.com - Mencari sparepart motor itu memang susah-susah gampang. Di era serba online ini bengkel motor tetap jadi pilihan saat mencari sparepart untuk kuda besi kesayangan. Namun ada yang perul diperhatikan saat hendak mencari parts ke bengkel, terutama soal nama.

Bagi yang senang mengoprek motornya dan sudah punya bengkel sparepart langganan mungkin tak akan sulit, tapi jika tidak akan sedikit kesulitan jika mencari sparepart yang spesifik.

Hal ini karena adanya istilah khas anak bengkel untuk beberapa sparepart motor, yang biasanya jauh berbeda dengan nama teknisnya.

Contoh mudahnya adalah seperti yang dialami warganet bernama Robbi, yang sampai menghampiri empat bengkel untuk mencari engine mounting motor Yamaha Mio milikya.

"Menyusuri empat toko nggak ada yang jual mounting engine, tak ganti nama main stand dan karet stopper juga sama," kata Robbi.

Ilustrasi Sparepart Motor Engine Mounting. (Facebook/Robbi)
Ilustrasi Sparepart Motor Engine Mounting. (Facebook/Robbi)

 

"Di toko ke lima sama juga, tapi berhubung pelayanan sepi, Aku minta semua karet mio yang baisa dibeli orang. Setelah dijejer di etalase, Aku ambil mounting dan tanya 'Kamu menamakan ini apa?' di amenjawab sambil tersenyum agak malu 'karet ganjel mesin, pak'"

Kejadian seperti yang dialami Robbi memang sudah lumrah. Bahkan antara bengkel satu dengan lainnya juga terkadang, punya istilah yang berbeda.

Dari unggahan Robbi, kemudian banyak warganet yang menambahkan istilah anak bengkel untuk beberapa jenis sparepart motor.

"Tiap daerah nama part beda-beda. Kalau di tempat Sya aada yang menamakan bos pinggang. Bahkan ada juga nama part cover body kotak sabun," kata Indra.

"Crown handle jadi segitiga," ujar Razan menyebut part yang memang umum disebut sebagai 'segitiga'.

"Istilah di tempat Saya. Swingarm = Capit urang, header knalpot = leher angsa, knalpot racing = knalpot bobokan, knalpot dibobok sendiri = knalpot sedet, gasket mesin = perpak." Tulis Ziyad.

Terkait

Terkini