Selasa, 19 November 2019

Mak Jleb, Perbandingan Perilaku Pemotor di Jogja dan Jakarta Ini Pas Banget

Pemotor di Jogja terlihat lebih tertib dibandingkan pemotor di Jakarta.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
Pemotor di Jogja. (Instagram/lambeonlen)
Pemotor di Jogja. (Instagram/lambeonlen)

Mobimoto.com - Di Jabodetabek, khususnya di Jakarta sangat mudah menemui pengendara motor yang tidak menaati peraturan lalu lintas. Salah satunya adalah berhenti di depan garis putih saat antre lampu merah.

Namun sebaliknya, di Jogja cukup banyak pemotor yang lebih menaati peraturan lalu lintas, khususnya ketika antre di lampu merah, meski tidak ada pengawasan dari polisi lalu lintas.

Melalui jejaring Instagram, warganet @agus_taufiq mengunggah Instagram Stories, yang kemudian diunggah kembali oleh @lambeonlen.

Pada foto tersebut, terlihat pengendara motor dan mobil yang berbaris rapi, mengantre lampu merah di depan Kantor Pos Besar Yogyakarta.

Selain foto, @agus_taufiq juga menuliskan "Perhatikan di mana pengemudi motor ini berdiri (berhenti)? Semua di belakang garis putih, dan tidak ada polisi yang mengawasi. Pun, jika mau menerobos lampu merah, sangat bisa. Ini Sabtu pagi jalan masih sangat sepi,"

Perbandingan Perilaku Pemotor di Jakarta dan Jogja, Ngena Banget. (Instagram/lambeonlen)
Perbandingan Perilaku Pemotor di Jakarta dan Jogja, Ngena Banget. (Instagram/lambeonlen)

 

"Kenapa mereka taat aturan? Karena mereka pasti malu jika sendirian di depan garis putih, (karena) terlihat bo***,"

"Bayangkan jika anda melakukan ini di Jakarta? Anda akan diklakson banyak orang di belakang, diteriaki... dan dimarahi karena benar!" Tukas @agus_taufiq pada unggahan Instagram Stories.

Lewat unggahan itu, @agus_taufiq juga memberikan pesan moral "Lingkungan sangat membentuk kepribadian seseorang. Orang benar akan dinilai salah jika berada di lingkungan yang salah. Orang jujur akan terlihat sok suci dan dianggap munafik di tengah para koruptor."

Potret kecil pengendara motor di Jogja yang tertib dan antre di lampu merah itu memang pemandangan yang lumrah ditemui di Jogja.

Meski begitu tetap ada beberapa pengguna jalan yang cuek dan ogah menaati peraturan lalu lintas, lho.

Tapi setidaknya potret tersebut jadi sindiran yang cukup menohok bagi para pengguna jalan, khususnya pemotor di Jakarta.

Seperti cerita @iwnsyahputra yang malu karena berhenti di zebra cross "Pernah sekali motoran pas mudik ke Solo, Ceritanya mau main ke Jogja dari Solo naik motor. Pas lampu merah kalap, berhenti di Zebra Cross dan ada yang bilang 'oh anak kota nih, pantes nggak tahu aturan sama tata tertib' Langsung mundur perlahan gue, Kayak ditabok alus dan seketika jadi malu sendiri..."

"Sama nih, gue pernah ngerasain soalnya. Waktu itu nunggu lampu merah pas berhenti ngelewatin garis, eh pas lihat sendirian di depan ya udah ikut mundur aja, abisnya malu." Ujar @restupjynto.

Terkait

Terkini