Sabtu, 19 Oktober 2019

Ojol Narik 24 Jam Demi Tebus Obat Istri, Warganet: Itu Modus Penipuan

Penjelasan warganet yang pernah menumpangi ojol yang sama, dengan modus yang sama juga.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
Driver Ojol Gojek. (Twitter/kirekswasta)
Driver Ojol Gojek. (Twitter/kirekswasta)

Mobimoto.com - Driver ojol Gojek yang rela narik hampir 24 jam demi menebus obat untuk istrinya yang baru selesai operasi viral dan menyentuh hati warganet. Ternyata, ada warganet lain yang membeberkan kalau itu hanya bagian dari modus penipuan.

Sebelumnya, pada Rabu (11/9/2019) warganet @kirekswasta membuat utasan di jejaring Twitter. Ia menceritakan tentang kisah driver ojol Gojek yang rela narik sampai hampir 24 jam tanpa istirahat demi menebus obat untuk istrinya yang baru saja melangsungkan operasi.

Bahkan di akhir utasan tersebut, @kirekswasta sampai memberikan uang sekitar Rp 300 ribu karena merasa iba dengan kisah yang dituturkan driver ojol Gojek itu.

Ternyata ada seorang warganet lain, yang menyahuti utasan @kirekswasta dan menjelaskan kalau ksiah yang dituturkan oleh driver ojol Gojek, soal bekerja hampir 24 jam demi menebus obat istrinya adalah modus penipuan.

"Gue mau cerita tentang thread yang lagi viral, tentang bapak Gojek ini. Please gue butuh retweet kalian supaya nggak ada korban lagi diboongin dia," buka warganet @yukeeofn.

Warganet @yukeeofn menceritakan pengalamannya naik ojol Gojek pada 24 Juli 2019 silam, dari bilangan Daan Mogot, Jakarta Bara menuju ke Sunter.

Menurutnya, modus yang dilakukan oleh driver ojol Gojek tersebut adalah mengajak ngobrol si penumpang sampai kemudian merasa nyaman.

"Pokoknya si Gojek ini ngomong mulu dan cerita-cerita yang menunjukkan kalau dia ini driver yang baik dan penuh tata krama,"

"Pas sampai flyover Kemayoran, dekat JCC dia mulai cerita tentang istrinya yang kena kanker rahim! Mungkin dia udah berani cerita karena menurut dia, gue udah mulai nyambung dan nyaman ngobrol sama si bapak gojek ini," beber @yukeeofn.

Cerita dari driver ojol Gojek itu pun sama, menceritakan tentang istrinya yang terkena penyakit dan membutuhkan biaya tambahan.

"Dia bilang sampai nggak makan, nggak ada uang. Dan seperti yang gue bilang tadi, cara si bapak ini cerita bener2 alus banget bikin orang tersentuh," katanya.

Setibanya di tempat tujuan, @yukeeofn pun sampai merasa iba dan hendak memberikan bantuan berupa uang, namun karena tidak membawa uang tunai, ia pun memberikan via tip dari aplikasi Gojek.

"Gue bilang 'iya pak, Saya kasih via tip aja, ya' dan dijawab 'iya neng, makasih banyak semoga kebaikan dibalas Allah, neng doain istri bapak cepat sembuh neng'... Ternyaa pas gue mau kasih tip, paling gede itu cuma Rp 30 ribu,"

"Akhirnya ttp gue kasih dan sekitar 2-3 menit bapak ini whatsap gue," kata @yukeeofn sambil menunggah gambar tangkap layar berisi percakapannya dengan driver ojol via WhatsApp.

Ternyata driver ojol Gojek tersebut meminta @yukeeofn untuk mentransfer uang sebesar Rp 100 ribu.

Warganet Beberkan Modus Driver Ojol Gojek. (Twitter/yukeeofn)
Warganet Beberkan Modus Driver Ojol Gojek. (Twitter/yukeeofn)

"Gue pun transfer dia uang, setelah gue kasih tip. Emang nggak seberapa menurut gue, tapi gue inget nyokap gue yang lagi sakit juga. Gue nggak mikir apa-apa, yang ada di otak gue 'sumpah kalo dia bohong semoga si bapak (ojol) dapat hidayah dari Allah'" jelas @yukeeofn.

Singkat cerita, @yukeeofn mendapat kabar kalau istri dari driver ojol Gojek telah meninggal dunia "Ternyata istrinya meninggal gaes. Gue sempet save nomor si bapak ini karena mikir kayak, siapa tau dia nulis status ttg istrinya karena baru meninggal. Logikanya gitu nggak sih, kalau emang si bapak ini sayang banget ya ganti DP sama istrinya kek atau pasang status berdua gitu,"

"Puncaknya tadi siang. Gue shock banget baca thread yang lagi viral itu, bahkan yang nge-retweet udah sembilan ribu orang! Dan di situ si akun yang buat thread, ceritanya sama persis! Gue mikir istrinya ada berapa, sebulan yang lalu udah meninggal masa hidup lagi terus sakit lagi?" Ujar @yukeeofn yang semakin curiga.

Sementara itu utasan @yukeeofn banyak disahuti warganet, yang malah merasa jengkel.

"Hati-hati kalau ada modus ngejual berita sedih kak. Udah banyak modus kayak gitu dari dulu. Jadi kalau ingin membantu seseorang..." kata @gojek24jam.

"Di Jogja pun ada yg seperti ini mbak. Namun driver sudah tertangkap dan sudah diputus mitra sama aplikatornya. Sudah ada kejadian enam orang driver online persis seperti thread-nya. Bukan Saya mau menjelek2an driver online, karena Saya juga nyambi driver online juga." Ujar @Dhul_Kemit.

Terkait

Terkini