Senin, 16 Desember 2019

Kipas Tambahan di Yamaha Nmax Bikin Warganet Debat Kusir, Kenapa?

Kipas tambahan di radiator Yamaha Nmax biasa ditemukan di motor yang sudah di-bore up.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
Yamaha Nmax Menggunakan Kipas Tambahan di Radiator. (Facebook/Wanto)
Yamaha Nmax Menggunakan Kipas Tambahan di Radiator. (Facebook/Wanto)

Mobimoto.com - Skuter matik Yamaha Nmax menggunakan radiator sebagai pendingin mesin. Tak sedikit yang menambahkan kipas di radiator, sebagai imbas dari modifikasi mesin alias bore up. Namun kipas tambahan itu malah menuai perdebatan di kalangan warganet.

Melalui jejaring Facebook, warganet bernama Wanto mengunggah foto Yamaha Nmax warna merah yang telah menggunakan kipas tambahan atau juga disebut sebagai extra fan di bagian radiator.

"Mbah, Saya mau tanya. Saya cuma ikut sama kawan-kawan. Kira-kira ada faedahnya nggak ya pasang kipas gitu di radiator motor. Silakan saran, kritik dan masukannya," ujar Wanto.

Lebih lanjut, kipas tambahan di radiator banyak digunakan oleh pemilik Yamaha Nmax yang telah melakukan modifikasi pada mesinnya, alias di-bore up.

Imbas dari modifikasi mesin alias bore up adalah meningkatnya suhu mesin, yang membuat radiator bawaan kewalahan.

Kipas Tambahan di Radiator Yamaha Nmax. (Facebook/Wanto)
Kipas Tambahan di Radiator Yamaha Nmax. (Facebook/Wanto)

Untuk itulah pengguna Yamaha Nmax banyak yang menambahkan kipas di radiator, untuk menjaga suhu mesin.

Pasalnya, suhu mesin berlebih alias overheat, bisa memengaruhi kinerja mesin dan fatalnya bisa sampai merusak komponen mesin.

Unggahan Wanto di jejaring Facebook itu malah menimbulkan perdebatan. Ada yang setuju, ada yang mempertanyakan fungsi dari kipas tambahan di radiator.

"Faedahnya? Tergantung. Pasang dulu termometer yang probing ke coolant. Nanti bisa tahu efektif apa nggak pemasangan kipas tersebut. Kalau tanpa kipas, tetep bisa menjaga suhu mesin nggak lebih dari 90 derajat ya, (kipas tambahan) buat apa? Kalau ditambah kipas bisa meredam lumayan, baru terlihat faedahnya," kata Ahmad yang cukup setuju dengan penambahan kipas di radiator.

"Nggak ada faedahnya sama sekali. Lebih oke (pakai) cover radiator model airscoop, kenapa gitu? Pakai kipas bawaan yang nempel di belakang radiator, tambahin airscoop di modifikasi ulang cover radiatrnya jadi debit udara lebih banyak yang melalui radiator, sehingga masuk ke kisi-kisi dan disedot oleh kipas. Kalau begitu maka beban listriknya banyak." Ujar Ramadhani.

Terkait

Terkini