Motor

Bolehkah Helm Balap Dipakai Harian? Ini Jawabannya

Kira-kira kalau dipakai harian nyaman nggak ya?

Angga Roni Priambodo

Ala Koboi, Ini Desain Helm Marc Marquez Jelang MotoGP Amerika
Ala Koboi, Ini Desain Helm Marc Marquez Jelang MotoGP Amerika

Mobimoto.com - Helm menjadi bagian wajib para pengguna sepeda motor. Selain bagian dari peraturan berlalu lintas, penggunaan helm tentu dapat mengurangi risiko cidera saat terjadi kecelakaan.

Namun bolehkah menggunakan helm balap untuk harian. Menurut Arief Rakhmat Budiman selaku Sales & Distribution Mgr Prime Gears PT Putra Prima Glosia hal tersebut tidaklah menjadi masalah.

"Untuk helm race dipakai untuk harian sebenarnya tidak ada masalah. Kadang memang untuk gaya, paling perbedaannya lebih pada kekuatan, dan kenyamanan di dalamnya," ujar Arief, di Tenjolaya Park Bogor, baru-baru ini. 

Lebih lanjut, dijelaskan Arief, helm race karena di pakai dengan kecepatan tinggi, maka helm sudah di desain seaerodinamis mungkin dan pas di kepala. Helm seperti ini kalau di pakai untuk pemakaian sehari-hari memang tidak akan nyaman.

"Jadi kalau emang ingin balap sebaiknya beli helm yang memang disesuaikan untuk balap. Begitu juga kalau ingin menggunakan harian. Karena tidak ada toleransi dari helm itu sendiri," tegas Arief.

Secara tampilan, tambah Arief, helm balap dan harian tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Bedanya kalau untuk balap biasanya punya ventilasi banyak.

Walaupun aturan seperti itu sebenarnya tidak wajib. Hanya saja, biasanya ada regulasi yang sudah ditentukan penyelenggara untuk menggunakan helm bersertifikasi DOT dan SNEIL.

"Bentuk biasanya tidak jauh beda. Biasanya perbedaan lebih ke material," tutup Arief.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Berita Terkait

Berita Terkini