Jum'at, 13 Desember 2019

Dianggap berbahaya, Pemerintah Inggris Bakal Larang Perangkat Handsfree?

Pemotor dan pemobil dilarang menggunakan perangkat ini selama berkendara.

Galih Priatmojo | Cesar Uji Tawakal
CrossHelmet X1. (CrossHelmet)
CrossHelmet X1. (CrossHelmet)

Mobimoto.com - Perangkat handsfree memang mempunyai beragam wujud. Ada yang berbentuk seperti earphone yang tertempel di telinga namun ada juga yang terpasang di helm layaknya intercom.

Walaupun canggih dan memudahkan pengendara kendaraan untuk berbicara atahu bahkan menelpon saat berkendara, rupanya perangkat ini dianggap tidak aman, khususnya oleh pemerintah Inggris.

Dilansir dari Motorcyclenews, Pemerintah Inggris tengah mempertimbangkan untuk melarang penggunaan perangkat handsfree sebagaimana pelarangan terhadap penggunaan handphone saat berkendara.

Dianggap mengganggu konsentrasi, bahaya penggunaan baik handphone serta handsfree disejajarkan dengan bahaya dari berkendara sambil mabuk.

Tak cuma itu, mereka juga berencana akan menambah denda bagi pengendara yang kedapatan menggunakan perangkat handsfree.

Ilustrasi berkendara menggunakan hands-free untuk menerima panggilan telepon. [Shutterstock]
Ilustrasi berkendara menggunakan hands-free untuk menerima panggilan telepon. [Shutterstock]

 

"Ada kesalah pahaman bahwa handsfree itu aman digunakan. Kenyataannya perangkat ini membuat pengendara teralihkan perhatiannya dan pemerintah harus mempertimbangkan untuk melarang perangkat ini." ujar Lilian Greenwod, Ketua Commons Select Commitee.

"Kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa sebenarnya bisa dihindari, kita butuh aturan ketat dan edukasi lebih agar jalanan lebih aman." imbuhnya.

 

Terkait

Terkini