Motor

Bukan Elektrik Bukan Hidrogen, Masa Depan Mesin Kendaraan Pakai Magnet?

Mesin ini masih dalam tahap penelitian.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi mesin kendaraan. (Youtube)
Ilustrasi mesin kendaraan. (Youtube)

Mobimoto.com - Saat ini, para produsen kendaraan sedang getol melakukan riset untuk memproduksi kendaraan dengan bahan bakar non minyak.

Diawali dengan mesin hybrid yang menjadi masa transisi antara bahan bakar fosil dengan mesin elektrik, lalu diikuti mesin elektrik full, lalu mesin fuel cell alias mesin hidrogen, namun ternyata riset belum usai.

Sebuah video di media sosial Instagram ini memperlihatkan konsep baru dari mesin kendaraan yang kini masih sama-sekali tidak populer.

Hal ini dikarenakan mesin kendaraan inidibuat dengan memanfaatkan energi kinetik yang dibuat oleh medan magnet.

Apakah munculnya mesin ini bakal menjadi terobosan baru dalam dunia otomotif? Seperti apa cara kerjanya? Berikut videonya.

Dalam video tersebut terlihat sebuah mesin prototipe yang terlihat cukup asing dengan banyaknya kumparan di mesin tersebut. Tidak heran, nyatanya mesin ini menggunakan magnet sebagai penggerak utama mesin tersebut.

Magnet tersebut menghasilkan medan elektro magnet yang menggerakkan roda dari mesin tersebut. Di masa depan mungkin teknologi ini bisa digunakan dalam skala yang lebih fungsional, seperti untuk mesin mobil misalnya.

Berita Terkait

Berita Terkini