Motor

Aksi Pejalan Kaki di Yogyakarta Hadang Pemotor yang Naik Trotoar, Salut

Tingkat kesadaran pengendara di Indonesia tentang menghargai hak pengguna jalan lain masih rendah.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Pemotor menerobos trotoar. (Facebook/Caption bijak)
Pemotor menerobos trotoar. (Facebook/Caption bijak)

Mobimoto.com - Jalanan macet memang terkadang membuat pemotor nekat sampai menerobos trotoar. Hal itu bisa dilihat di jalanan Yogyakarta kali ini.

Seorang pejalan kaki kemudian mencoba membuat social experiment tentang potret pelanggaran lalu lintas tersebut. Tak disangka, berbagai reaksi ditunjukkan oleh para pemotor yang menerobos trotoar.

Bisa dibuktikan lewat video yang diunggah akun akun Facebook Caption Bijak beberapa waktu lalu. Lewat video berdurasi 5,22 detik tersebut, kita bisa melihat kebiasaan buruk masyarakat Indonesia.

Tak diketahui lokasi pastinya, kondisi jalanan memang tampak padat saat itu. Sejumlah pemotor yang tak sabar kemudian naik ke trotoar demi bisa bergerak maju.

Pemotor menerobos trotoar. (Facebook/Caption bijak)
Pemotor menerobos trotoar. (Facebook/Caption bijak)

Seorang pejalan kaki yang cukup berani kemudian menghadang mereka dengan maksud untuk mengingatkan agar kembali ke jalan yang benar. Reaksi unik pun ditunjukkan oleh seorang pemotor Yamaha Mio berwarna hitam.

"Trotoar...tahu kan trotoar buat apa" kata pejalan kaki di hadapan pemotor,

"Tahu..tahu, trotoar buat pejalan kaki," jawab pemotor itu.

"Makanya, silakan turun," pinta pejalan kaki

"Kalau disuruh turun nanti dulu, kamu minggir dulu biar bisa lewat," timpal pemotor Yamaha Mio.

Pemotor itu ngotot meminta pejalan kaki untuk tidak menghalanginya. Tapi, sang pejalan kaki bersikeras untuk tetap berjalan di trotoar karena memang jalurnya. Alhasil, sang pemotor mengalah meski dengan menahan amarah.

Sementara itu, pemotor lain yang juga menerobos trotoar terlihat langsung turun ke jalanan saat tahu ada pejalan kaki yang menghadang. Tapi ada juga yang malah sinis dan diam seribu bahasa.

Tak pelak, aksi pejalan kaki yang menghadang para pelanggar lalu lintas langsung mendapat simpati dari netizen seperti berikut ini.

"Mendukung sepenuhnya untuk yang membuat video. Lanjutkan," tulis Genar Putra Pratama.

"Yesss, lanjutkan," komen Maz Hands.

Selengkapnya, ini dia videonya.

Berita Terkait

Berita Terkini