Motor

Gegara Alasan Sepele, Pria Ini Bikin SIM Tulis Tangan Buatan Sendiri

Pemotor ini harus siap menghadapi tuntutan selanjutnya.

Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita

Ilustrasi SIM di Indonesia. (Facebook/Widayat Wiwid)
Ilustrasi SIM di Indonesia. (Facebook/Widayat Wiwid)

Mobimoto.com - Sebuah peristiwa unik kini sedang viral di dunia maya. Seorang polisi di Liuzhou, China menciduk pemotor yang memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) tulis tangan buatan sendiri.

Dikutip dari laman autoevolution, pemotor itu diketahui memiliki marga Tang. Ia terpaksa berhadapan dengan polisi karena aksi konyolnya. Setelah ditanya motifnya, ia memberikan jawaban mengejutkan.

Tang mengaku terlalu malas untuk mengikuti ujian SIM karena prosesnya terlalu merepotkan. Ia kemudian memunculkan ide untuk membuat SIM sendiri.

Lisensi berkendara itu dibuat dengan selembar kertas yang ditempel dengan lem. Tak lupa, tulisan tentang identitas diri dan foto juga ditambahkan dalam kertas itu.

Dalam pikiran Tang, SIM nya tersebut bisa digunakan untuk mengelabuhi polisi dan membiarkannya berkendara di jalanan dengan lancar.

SIM tulis tangan buatan sendiri. (Weibo)
SIM tulis tangan buatan sendiri. (Weibo)

"Saya tidak percaya, petugas lalu lintas sangat serius," kata Tang.

Sementara petugas lalu lintas yang menciduk Tang mengaku takjub dengan peristiwa yang baru saja dialami. Ia tak menyangka ada orang yang nekat membuat SIM sendiri.

"Dia berperilaku sangat tenang saat mengeluarkan lisensi. Saya sudah menjadi perwira polisi selama bertahun-tahun, tetapi saya belum pernah melihat SIM seperti ini. Ini lucu!," kata petugas.

Setelah kejadian itu, sepeda motor Tang disita pihak kepolisian. Ia juga harus siap menghadapi kasus dengan tuduhan pembuatan lisensi palsu.

Berita Terkait

Berita Terkini