Motor

Heboh Orderan Fiktif, Driver Ojol Wajib Waspada dengan Pesan Ini

Kalau ada pesan ini, jangan tekan tombol 'Oke'.

Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita

Pesan orderan fiktif. (Instagram/@dramaojol.id)
Pesan orderan fiktif. (Instagram/@dramaojol.id)

Mobimoto.com - Orderan fiktif dari oknum yang tidak bertanggung jawab sering merugikan driver ojek online (ojol). Mirisnya, kini di media sosial muncul pesan bermuatan orderan fiktif yang konon katanya bisa menyedot saldo driver ojol.

Informasi tersebut awalnya diperoleh dari unggahan @dramaojol.id pada Minggu (17/2). Seorang driver mencurahkan pengalamannya saat mendapat pesan orderan fiktif.

Dari foto yang tersebar, memang ditampilkan sebuah notifikasi yang cukup berbeda dengan format pesan driver dan customer biasanya.

"GRBC4R MASPION PLAZA 62821869xxxxx," tulis pesan itu.

Kemudian, ada tombol 'Oke' yang bisa dipilih dalam notifikasi tersebut. Sementara dalam keterangan foto tersebut dituliskan keterangan berikut ini.

Pesan orderan fiktif. (Instagram/@dramaojol.id)
Pesan orderan fiktif. (Instagram/@dramaojol.id)

"Min, tolong di up jenis penipuan baru dan semakin canggih orderan fiktif. Kalau muncul tulisan seperti ini, kalau ditekan oke maka saldo OVO dan dompet tunai akan terkuras habis. Lebih baik dikeluarin kalau muncul notifikasi seperti gambar di atas, lalu dicancel," tulis caption @dramaojol.id.

Setelah diamati lebih lanjut, notifikasi yang diklaim sebagai orderan fiktif tersebut memang mirip dengan bug (pesan asing yang sering muncul di perangkat lunak atau perangkat keras yang mana kalau dibiarkan bisa merusak kesayangan). Tapi sayangnya, belum bisa diketahui tentang kebenaran pesan itu.

Di sisi lain, netizen yang melihat unggahan tentang orderan fiktif tersebut dibuat heran dan memberikan komentar bernada protes seperti ini.

"Asli masalah kayak begini makin serius. Parah sih, kalau nggak benar-benar diatasin," komen @iqbalsagafyahya.

Tapi ada juga netizen yang memberikan komentar bernada sindiran di bawah ini.

"Yang bikin order fiktif tuh misqueen hati dan harta," tulis @mizl_.

Berita Terkait

Berita Terkini