Senin, 17 Juni 2019

Lupa Posisi Parkir Motor? Fitur Ini Bisa Dijadikan Solusi

Fitur ini sangat membantu pengendara yang pelupa.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita
Ilustrasi motor.(unsplash)
Ilustrasi motor.(unsplash)

Mobimoto.com - Bagi pengendara motor, tentunya sering mengalami hal konyol seperti lupa posisi parkir. Tapi kejadian tersebut kini bisa diminimalisir debgan fitur canggih bernama Answer Back System yang telah terpasang di beberapa motor.

Sejatinya, fitur tersebut sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Wujudnya seperti remote yang biasanya digantungkan bersamaan dengan kunci motor.

Nantinya, fitur ini dapat mengendus sinyal posisi motor secara otomatis hingga radius 20 meter. Cara kerjanya yaitu dengan memberikan respons suara 'bip' dan juga kedipan lampu sein beberapa kali. Untuk mengaktifkan fungsi Answer Back System pun cukup mudah.

Pemilik motor tinggal menancapkan kunci motor dan memutar kunci ke posisi ON. Setelah itu, tekan tombol pada remote sekali dan ulangi proses memutar kunci ke posisi ON sebanyak tiga kali. Pada putaran yang ke empat, tekan kembali tombol remote sesuai urutan.

Remote Answer Back System. (YouTube/reifathir)
Remote Answer Back System. (YouTube/reifathir)

Yang tak kalah menarik, bagi kalian yang bosan dengan nada alarm motor itu, bisa menggantinya dengan memutar kunci motor ke posisi ON dan tekan tombol sebanyak tiga kali. Lalu, putar kunci ke posisi OFF dan ulangi proses tersebut sebanyak tiga kali berturut-turut. Proses selanjutnya tinggal masukkan kunci ke posisi ON dan pilih bunyi alarm sesuai keinginan.

Meski bermanfaat, sayangnya Answer Back System terdapat pada beberapa merek motor seperti Yamaha Lexi, Yamaha All New X-Ride 125, Honda Vario dan Honda PCX 150.

Terkait

Terkini