Motor

Ini Daftar Harga Motor Honda, Suzuki dan Vespa di Tahun 1970-an

Di masa itu, yang bisa beli sepeda motor masih jarang banget.

Angga Roni Priambodo

Ilustrasi Vespa. (vespa.com)
Ilustrasi Vespa. (vespa.com)

Mobimoto.com - Tahun 1970-an adalah masuk era awal masuknya modernisasi di Indonesia. Saat itulah beberapa kendaraan bermotor mulai meramaikan jalanan Indonesia, termasuk tentunya beberapa motor pabrikan luar negeri seperti Honda, Suzuki, Yamaha, Lambretta hingga Vespa. Bikin penasaran, kira-kira berapa ya harganya?

Dengan perbedaan nilai tukar mata uang yang sudah jauh berbeda, manusia sekarang pasti akan menganggap harga motor-motor tersebut murah, namun perlu diketahui, masa itu, yang bisa beli sepeda motor masih sangat jarang. Mungkin satu desa hanya satu atau dua orang yang punya.

Dilansir dari akun Facebook Indonesia Tempo Doeloe, Sabtu (2/3), inilah daftar harga motor Honda, Suzuki, Yamaha, Lambreta hingga Vespa di tahun 1970-an.

Harga motor di tahun 1970-an (Facebook/Indonesia Tempo Doeloe)
Harga motor di tahun 1970-an (Facebook/Indonesia Tempo Doeloe)

Dari nukilan tabel dalam koran lawas tersebut terlihat bahwa di masa itu, Vespa Sprinttahun 1968 adalah sepeda motor termahal. Harga Vespa tersebut adalah Rp 260 ribu, disusul Honda 175cc 1968 dengan harga Rp 230 ribu. Sangat murah untuk saat ini dan sangat mahal orang di masa itu.

Namun, sepertinya harga sangat mahal di saat itu sebanding dengan kepuasan, prestise dan kualitas yang didapat. Nyatanya, motor-motor yang ada di tabel tersebut masih dicari pembeli hingga kini. Masih banyak pula yang kondisinya well alias baik-baik saja baik dari sisi mesin maupun bodinya.

Mungkin, kamu salah satu pengoleksi motor lawas tersebut?

Berita Terkait

Berita Terkini