Motor

Inilah Makna Zebra Cross di Negara Lain, Sama dengan Indonesia?

Pengendara dan pejalan kaki wajib tahu.

Galih Priatmojo | Husna Rahmayunita

Zebra cross di Negara Malaysia. (The Star Online)
Zebra cross di Negara Malaysia. (The Star Online)

Mobimoto.com - Nggak cuma di Indonesia, netizen alias warganet di Malaysia ternyata cukup vokal memperhatikan tingkah para pengendara di jalanan. Kali ini perihal warna zebra cross yang ternyata belum banyak yang tahu maknanya.

Seorang warganet di Negara Jiran baru saja membagikan kisahnya. Ia baru saja mengalami kejadian yang membuat kesal karena hampir ditabrak oleh pengendara saat melewati zebra cross.

Dikutip dari laman World of Buzz, tak jauh beda dengan Indonesia, negara tetangga ternyata mengusung zebra cross warna putih dan kuning di jalanan. Dua warna penyeberangan jalan itu tentunya memiliki makna tersendiri.

Karena kesal, warganet itu kemudian membagikan makna warna zebra cross melalui akun Twitternya.

''Tolong didik pengemudi di Malaysia ini. Aku tidak bisa lagi mentolerir orang yang bodoh tanpa alasan,'' cuitan netizen itu.

Ia kemudian memberikan penjelasan kepada para pengendara.

Keluhan warganet tentang pengendara yang tidak paham dengan makna zebra cross. (Twitter)
Keluhan warganet tentang pengendara yang tidak paham dengan makna zebra cross. (Twitter)

''Ketika kamu melihat zebra cross bertanda putih, artinya pengendara harus berhenti ketika melihat pejalan kaki menyeberang jalan. Dan ketika melihat zebra cross bertanda kuning, tergantung pada pengguna jalan yang lebih dahulu tiba di persimpangan,'' lanjut cuitan itu.

Gayung bersambut, cuitan tentang makna zebra cross mendapat respons dari netizen lain. Faktanya, banyak dari mereka yang belum paham dengan makna itu.

''Sebagai pengemudi, saya tidak mengetahui aturan seperti itu. Saya berhenti tergantung situasinya,'' tulis seorang warganet.

Ada pula yang membandingkannya dengan negara lain.

Kebiasaan warga Thailand. (Twitter)
Kebiasaan warga Thailand. (Twitter)

''Ketika saya berada di Thailand, kendaraan akan berhenti dan memberi jalan kepada pejalan kaki yang menyeberangi garis itu,'' komen warganet lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini