Motor

Heboh Pemotor Touring Dari Malaysia ke Madinah yang Bikin Penasaran

Salut, tapi bikin penasaran.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Pemotor Touring Dari Malaysia ke Madinah, Bikin Heboh dan Penasaran. (Facebook/Didik Ruyatman)
Pemotor Touring Dari Malaysia ke Madinah, Bikin Heboh dan Penasaran. (Facebook/Didik Ruyatman)

Mobimoto.com - Touring menggunakan sepeda motor memang sudah jadi tren yang berkembang di Indonesia. Tak hanya melalui komunitas sepeda motor, touring bersama rekan kerja atau teman kuliah, misalnya juga biasa dilakukan.

Kalau biasanya touring sepeda motor melintasi kota atau pulau dalam satu negara, bikers yang satu ini patut diacungi jempol, Sob. Menggunakan motor Yamaha Jupiter MX, bersama dua orang temannya ia berhasil melakukan perjalanan dari Malaysia sampai ke Madinah, Arab Saudi.

Melalui jejaring Facebook, Didik Ruyatman mengunggah beberapa foto, setibanya ia di Madinah. Dari akun Facebook miliknya, diketahui kalau Didik Ruyatman memang gemar dengan sepeda motor dan kegiatan touring dengan sepeda motor.

Foto yang diunggah pada Minggu (20/1) pun ramai diserbu komentar netizen. Banyak netizen yang salut dengan apa yang dilakukan oleh Didik dan kawan-kawannya, touring melewati beberapa negara dengan sepeda motor.

''Tak terbayang touring dari Malaysia menuju ke Madina berapa hari perjalanan, Berapa Dana yang di keluarkan, berapa negara yang di singgahi, dan seperti apa birokrasi menempuh jalur darat...'' tulis Didik Ruyatman bersama unggahan foto.

Pemotor Touring Dari Malaysia ke Madinah, Bikin Heboh dan Penasaran. (Facebook/Didik Ruyatman)
Pemotor Touring Dari Malaysia ke Madinah, Bikin Heboh dan Penasaran. (Facebook/Didik Ruyatman)

Banyak netizen yang salut dengan apa yang dilakukan oleh Didik dan kawan-kawannya, touring menggunakan sepeda motor, dan melintasi beberapa negara. Tapi, tak sedikit pula netizen yang penasaran dengan caranya, termasuk birokrasi dan biaya yang dibutuhkan.

''Sebenarnya banyak teman touring yang ingin touring semacam ini hingga negeri seberang. Tolong bagi info soal birokrasi dari sim hingga perizinannya ya kang,'' tulis Kang Mas Julian di kolom komentar.

''Boleh di share ga mas pengalaman birokrasi di setiap negara yg di singgahi. Mulai dari masuk perbatasan sbuah negara. Brapa hari perjalanan.'' Ujar Bambang Pahrul Gumulya, yang juga penasaran.

Memang, untuk bisa touring melintasi beberapa negara, setidaknya ada beberapa hal yang harus disiapkan. SIM (Surat Izin Mengemudi) Internasional, salah satunya.

Lalu paspor sebagai syarat wajib untuk bisa masuk ke negara lain. Tak cuma paspor untuk pengendaranya saja, Sob. Sepeda motor juga punya dokumen yang disebut CPD (Carnet de Passages en Douane).

Singkatnya, Carnet de Passages en Douane adalah dokumen yang bisa mengizinkan sepeda motor untuk diterima sementara di sebuah negara. Di Indonesia, dokumen CPD ini dikeluarkan oleh IMI atau Ikatan Motor Indonesia.

Berita Terkait

Berita Terkini