Motor

Setelah Mobil, Tahun Depan Truk Listrik Siap Mengaspal di Jalanan

Kedepannya apa lagi ya?

Angga Roni Priambodo

Ilustrasi Truk. (iveco.com.au)
Ilustrasi Truk. (iveco.com.au)

Mobimoto.com - Setelah beberapa perusahaan otomotif dunia berhasil membuat beberapa prototipe mobil listrik, terobosan baru sedang dikembangkan para ilmuwan di dunia otomotif, truk listrik dikabarkan siap mengaspal tahun depan.

Truk listrik hasil riset Freightliner sepertinya akan menjadi pemandangan umum di jalan-jalan Amerika Serikat (AS). Pasalnya perusahaan yang berada di bawa perusahaan Daimler tersebut sudah mulai melakukan pengiriman pertama truk listrik yang di beri nama eM2.

Bahkan dalam satu kesempatan, Daimler Trucks mengklaim bila eM2 merupakan truk listrik pertama di dunia yang sudah melakukan uji jalan. Tidak hanya itu, Freightliner juga mengatakan bila perusahaan mulai akan melakukan pengiriman sebanyak 20 truk listrik di tahun depan.

Truk yang dilengkapi dengan sistem kemudi ganda. (iveco.com.au)
Ilustrasi Truk . (iveco.com.au)

Em2 diklasifikasikan sebagai truk listrik ukuran sedang yang mampu mengangkut bobot sekitar 6 - 12 ton dan ditujukan untuk distribusi lokal dan layanan pengiriman jarak jauh, dengan jarak tempuh hingga 370 mil (595 km).

Dengan baterai berkapasitas 325 kWh, truk ini hanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit untuk mencapai daya 80 persen pengisian. Cukup cepat bukan?

Lebih lanjut, sebanyak 10 truk listrik merupakan model eM2 untuk kelas menengah dan 10 model eCascadias disiapkan untuk mengangkut bobot yang lebih berat.

Kendati demikian seluruh model yang ditawarkan masih akan dalam wujud konsep. Sedangkan versi produksinya sendiri baru mulai akan dilakukan pada 2021.

"Kami bertujuan untuk menjadi yang terdepan untuk truk listrik, sama seperti kami dengan truk konvensional," kata Martin Daum, Anggota Dewan Daimler yang bertanggung jawab untuk Truk dan Bus,  seperti dikutip dari Autoevolution.

Suara.com/Manuel Jaghesta Nainggolan

Sumber : Suara.com

Berita Terkait

Berita Terkini