Motor

Pensiunkan Hayabusa, Suzuki Langsung Siapkan Suksesornya

Kabarnya Suzuki sudah dalam tahap pengerjaan untuk suksesor Hayabusa.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Suzuki Hayabusa. (Suzuki India)
Suzuki Hayabusa. (Suzuki India)

Mobimoto.com - Suzuki Hayabusa memulai debutnya pada Oktober 1998. Sejak saat itu, sepeda motor dari pabrikan berlogo 'S' ini jadi sepeda motor tercepat di dunia. Tapi akhir tahun 2018 ini, produksi Suzuki Hayabusa akan resmi dihentikan, Sob.

Sudah berusia 20 tahun sejak debutnya, Suzuki Hayabusa sempat mendapatkan pembaruan pada 2016, mengikuti regulasi Euro 4. Kini, Di Eropa, penjualan Suzuki Hayabusa hanya diperbolehkan sampai 31 Desember 2018. Penjualan setelah tahun 2018, akan menjadikan Suzuki Hayabusa ilegal di pasar Eropa.

Sepeda motor ini memang fenomenal, Sob. Membawa mesin 1.299 cc empat silinder segaris, Suzuki Hayabusa mampu melaju hingga kecepatan 312.2 kilometer per jam.

Lebih spesifik, mesin Suzuki Hayabusa menghasilkan tenaga hingga 173 daya kuda. Bahkan untuk Suzuki Hayabusa dengan mesin 1.340 cc, tenaga yang disalurkan lebih gila lagi, Sob, hingga 194 daya kuda.

Suzuki Hayabusa. (Suzuki India)
Suzuki Hayabusa. (Suzuki India)

Menurut rumor yang berkembang, Suzuki tidak akan berlama-lama untuk membuat penerus Hayabusa. Indian Autos Blog mengatakan kalau suksesor Suzuki Hayabusa sedang dalam pengerjaan dan diyakini akan menjalani debutnya tidak lebih dari dua tahun.

Kabar lain yang berkembang, Suzuki berencana untuk memperkenalkan setidaknya 10 model terbaru dalam tiga tahun ke depan, dan salah satunya adalah penerus Suzuki Hayabusa.

Siap-siap jadi barang langka yang tinggi harganya nih, Sob.

Berita Terkait

Berita Terkini