Sabtu, 19 Oktober 2019

Dipilih Jadi Tunggangan Moto2, Ini Dia Rahasia Triumph Triple RS

Balapan Moto2 mendatang akan lebih menarik karena sentuhan Triumph.

Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita
Motor Triumph yang akan mengaspal di ajang balap Moto2. (Zigwheels.com)
Motor Triumph yang akan mengaspal di ajang balap Moto2. (Zigwheels.com)

Mobimoto.com - Suasana baru akan muncul dalam ajang balap Moto2 mendatang, Triumph berhasil menggeser pabrikan Honda sebagai pemasok mesin utama. Perusahaan telah menandatangi kesepakatan tersebut hingga sampai tahun 2021.

Sejalan dengan itu, Triumph pun mulai mengungkap keistimewaan dari mesin motor terbarunya

Nantinya, perusahaan asal Inggris itu mengandalkan mesin dari motor Triumph Street Triple RS yang dianggap cukup mumpuni menggantikan mesin pabrikan Jepang. Beberapa modifikasi kemudian dilakukan demi meningkatkan performa sesuai kebutuhan Moto2.

Dikutip dari laman Zigwheels, beberapa komponen yang mengalami peningkatan di antaranya: kopling, ECU, kepala silinder, rasio gigi pertama dan katup untuk peningkatan rpm. Kalau ditotal semua komponen yang diubah mencapai 80 unit.

Selain itu, dengan mengandalkan mesin 765 cc, tunggangan Moto2 bisa menghasilkan daya 138 dk. Padahal, untuk Triumph Triple RS standard hanya menghasilkan tenaga maksimal 121 dk sedangkan motor Honda Moto2 sebelumnya memiliki tenaga di bawah 130 dk.

Mesin motor Triumph yang akan mengaspal di ajang balap Moto2. (Zigwheels.com)
Mesin motor Triumph yang akan mengaspal di ajang balap Moto2. (Zigwheels.com)

Satu hal yang menarik, meski mesin Triumph berhasil memberikan tenaga yangl lebih besar, ternyata motor itu memiliki dimensi yang lebih kecil dari mesin motor Honda CBR600 empat silinder.

Agar tidak dianggap proyek sembarangan, perusahaan juga telah menguji Triump Triple RS. Konon, motor itu akan unjuk gigi pertama kalinya di Qatar pada 8-10 Maret 2019.

Terkait

Terkini