Sabtu, 19 Oktober 2019

Bikin Penasaran, Ini Perbadingan Performa Motor Tiap Kelas MotoGP

MotoE sekencang apa sih?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
Maverick Vinales mengendarai motor baru. (Instagram/@maverick12official)
Maverick Vinales mengendarai motor baru. (Instagram/@maverick12official)

Mobimoto.com - Mulai musim 2019, MotoGP 'membuka' kelas baru. Selain tiga kelas yang sudah ada sebelumnya, mulai musim depan ajang balapan motor paling bergengsi ini mepertandingkan motor jenis baru, yakni motor elektrik.

Namun hal itu membuat penasaran, di balik spesifikasi motor protitipe yang dirahasiakan agar tidak terbaca sesama tim kontestan, seberapa cepat motor MotoE? Bagaimana jika dibandingkan dengan kelas lain? Berikut perbandingan sederhana yang membuat sedikit mengurangi rasa penasaran mengenai performa motor MotoGP.

Perbandingan performa motor tiap kelas MotoE. (Instagram/@jokesofgp)
Perbandingan performa motor tiap kelas MotoE. (Instagram/@jokesofgp)

Dari perbandingan tersebut, bisa dilihat bahwa motor kelas utama MotoGP memang mutlak lebih unggul dari motor kelas lainnya, bahkan motor kelas baru dari MotoE. Namun yang menarik adalah performa MotoE yang 11-12 dengan motor Moto2.

Walaupun motor Moto2 memiliki power lebih kecil, yakni 140 HP, namun kecepatannya lebih besar yakni sekitar 290 km/jam. Berbeda dengan motor MotoE yang memiliki tenaga lebih besar, yakni 160 HP hamun topseed lebih kecil, yakni 270 km/jam.

Selain itu, jelas bahwa kelas paling 'pemula', Moto3, motor kontestanya hanya memiliki tenaga kisaran 55 HP dengan kecepatan maksimum 244 km/jam. 

Gimana, masih penasaran nggak nih, Sob?

Terkait

Terkini