Motor

Ganti Oli Motor dengan Barang Nyeleneh, Motor Ini Auto Ngadat

Olinya diganti pakai apa sih sampai motornya mogok?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi ganti oli. (Mobimoto.com/Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi ganti oli. (Mobimoto.com/Cesar Uji Tawakal

Mobimoto.com - Oli pada mesin memiliki banyak fungsi penting. Selain untuk mendinginkan motor atau menjaga suhu mesin tetap stabil, oli juga berfungsi mengurangi gaya gesekan yang terjadi antar komponen. Oleh karena itu, mengganti oli dengan benda sembarangan bisa berdampak buruk bagi mesin. Dalam kasus ekstrem, bisa bikin mogok.

Seperti yang satu ini. Sebuah video diunggah di Facebook. Video ini memperlihatkan seseorang yang sedang 'ngetap' oli motor. Namun ada yang aneh, yakni yang dimasukkan sebagai penggantinya. Untuk lengkapnya simak video berikut.

Seperti yang tampak pada video, oli mesin motor ini malah diganti dengan minuman bersoda. Seperti yang tampak pada video, motor ini langsung 'ngadat' tidak bisa dinyalakan.

Penggantian pelumas mesin selain menggunakan oli dapat merusak mesin. Kerusakannya bisa jadi sangat parah hingga dalam beberapa kasus mewajibkan si kendaraan wajib turun mesin.

Hal ini dikarenakan pada kasus diatas, minuman bersoda adalah pelumas yang buruk, sehingga jika nekat melakukan kick starter, maka bisa jadi stang piston malah akan patah karena gerak piston tidak terlumasi dengan baik sehingga macet. Tentu untuk memperbaiki hal ini akan memakan biaya yang cukup banyak.

Melihat lokasi 'uji coba' yang mana adalah bengkel, maka adegan di atas bisa jadi dilakukan oleh 'profesional'. Jadi, jangan ditiru ya, Gaes!

Berita Terkait

Berita Terkini