Motor

Saingi Yamaha Niken, Honda Akan Luncurkan Motor Roda 3?

Walaupun motor roda tiga belum booming, namun Honda menyiapkan ancang-ancang untuk menghadang produk rival mereka.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Honda Neo Wing Concept 2015. (hondaprokevin.com)
Honda Neo Wing Concept 2015. (hondaprokevin.com)

Mobimoto.com - Pabrikan motor asal Jepang, Honda, sedang mengembangkan sistem motor roda tiga. Hal itu dibuktikan oleh gambar paten teknologi mengenai suspensi yang bisa 'miring'. Dengan paten ini, Honda diperkirakan bakal meluncurkan produk untuk menyaingi Yamaha Niken dan Yamaha Tricity yang lebih dahulu dirilis.

Yamaha Niken (visordown.com)
Yamaha Niken (visordown.com)

Sebenarnya hal ini bukan hal baru bagi Honda. Mereka pernah 'pamer' prototype motor roda tiganya pada ajang Tokyo Motor Show 2015. Motor yang memiliki nama Honda Neo Wing ini memiliki tiga roda penggerak dengan desain yang sangat futuristik.

Namun berbeda dengan Yamaha di mana motor beroda tiganya masih digolongkan sebagai motor, Honda Neo Wing lebih terlihat seperti 'trike' alias ATV (All Terrain Vehicle). Perbedaanya adalah motor Yamaha masih berfungsi layaknya motor, dengan ciri yakni harus 'miring' ketika berbelok dan ban depan yang langsung terhubung dengan kemudi. Sementara roda depan Honda Neowing dihubungkan oleh as roda depan layaknya mobil atau ATV.

Kedua roda depan masih saling terhubung. (hondaprokevin.com)
Kedua roda depan masih saling terhubung. (hondaprokevin.com)

Tapi beda dulu, beda sekarang. Menurut paten gambar yang terlihat, Honda akan membuat motor beroda tiga dengan sistem 'suspensi miring' layaknya Yamaha Tricity, atau Piaggio MP3. Sistem roda depan dihubungkan dengan suspensi yang terhubung dengan kemudi, dan kedua roda depan tidak dihubungkan dengan as roda layaknya Honda Neowing.

Gambar paten mengenai sistem roda depan. (visordown.com)
Gambar paten mengenai sistem roda depan. (visordown.com)

Akankah produk tersebut keluar tahun ini? Kita tunggu saja.

 

Berita Terkait

Berita Terkini