Motor

Adu Seksi Skuter Maxy, Honda Forza 250 vs Yamaha Xmax 250

Dua pabrikan Jepang ini menghasilkan produk terbaik mereka, XMAX vs Forza!

Agung Pratnyawan | Cesar Uji Tawakal

Komparasi Forza vs Xmax. (enoanderson.com)
Komparasi Forza vs Xmax. (enoanderson.com)

Mobimoto.com - Dirilis tahun 2016, Yamaha Xmax 250 merupakan jawaban bagi mereka yang menginginkan motor 250 cc namun sudah jenuh dengan dominasi motor kopling sekelas Ninja 250 dan R25.

Yamaha yang mencoba membuat differensiasi pasar mendapat respon cukup hangat dari konsumen.

Namun kali ini Yamaha tidak sendirian, pasalnya belum lama ini Honda merilis produk yang bakal menjadi batu sandungan bagi Xmax, siapa lagi kalau bukan Honda Forza 250.

Memperebutkan dominasi di segmen skutik 250 cc, kedua motor ini layak untuk disejajarkan. Berikut ulasan dari mobimoto.com.

1. Desain

Yamaha Xmax yang dirilis duluan menyajikan bentuk yang terkesan macho. Mewarisi desain khas Max Series Yamaha Xmax 250 tampil kekar dengan ban tubeless berukuran lebar, 120/70 dengan diameter pelek selebar 15 inci, dan ban belakang 140/70 dengan ukuran ring 14 inci. Ditambah lampu depan yang terkesan agak ngumpet menambah citra sporty dari motor ini.

Yamaha Xmax 250. (yamaha-motor.co.id)
Yamaha Xmax 250. (yamaha-motor.co.id)

Berbeda dengan Yamaha, Honda melakukan pendekatan yang berbeda terkait dengan desain. Honda membuat Forza 250 terkesan futuristik. Sama sama menggunakan lampu depan LED, desain Honda Forza 250 mengingatkan pada desain mobil mewah produksi terbaru.

Memiliki ukuran ban yang sama dengan Yamaha Xmax 250, namun tak lantas membuat desain Honda Forza 250 terkesan ngikut. Lampu sein yang melekat pada spion motor juga menguatkan citra motor canggih.

Honda Forza 250. (astra-honda.com)
Honda Forza 250. (astra-honda.com)

2. Fitur

Untuk urusan fitur, banyak persamaan pada kedua motor ini, misalnya rem ABS, double disc brake, suspensi ganda dan settingan windshield elektrik adalah beberapa dari banyaknya persamaan fitur.

Namun tunggu dulu, ada yang beda kok. Honda menyisipkan kontrol torsi, sementara Yamaha mengunggulkan kontrol traksi. Yang satu nyaman yang satu aman. Pilih mana hayo?

3. Mesin

Sama sama menggunakan mesin SOHC satu silinder dengan sistem pengabut bahan bakar injeksi, tenaga yang dihasilkan Forza unggul tipis yakni 17,3 kW sementara pada Yamaha Xmax 250 16,8 kW. Berbanding terbalik dengan tenaga, torsi yang dihasilkan oleh Xmax lebih nendang.

Torsi Xmax sebesar 24,3 Nm lagi-lagi cuma unggul tipis dengan milik Honda Forza 250 yakni sebesar 24 Nm. Masing-masing bisa unggul, namun cuma tipis.

Punya keunggulan dan kelemahan masing-masing, menarik untuk menyimak perkembangan dari kedua motor ini, karena pada akhirnya konsumenlah yang memutuskan mana yang lebih laris.

Pilih mana ya? Honda Forza 250 apa Yamaha Xmax 250?

Berita Terkait

Berita Terkini