Kamis, 22 April 2021

Ducati Gandeng Audi Kembangkan Teknologi Keamanan Berkendara

Teknologi Keamanan untuk motor nampak serius digarap oleh Ducati.

Galih Priatmojo | Praba Mustika
cloud_download Baca offline
Ducati XDiavel Draxter/motorcyclecruiser.com
Ducati XDiavel Draxter/motorcyclecruiser.com

Mobimoto.com - Tampaknya niat Ducati untuk menciptakan teknologi keamanan pada motor, sangat serius. Mulai dari tahun ini, di mana Ducati telah mengumumkan beberapa langkah kecil dalam projek "2025 Safety Road Map".

Seperti dikabarkan oleh rideapart.com, kali ini pabrikan motor asal Italia ini sedang mengembangkan sistem komunikasi baik untuk motor maupun mobil.

Tapi jangan bayangin kalau kendaraan kita nantinya bisa bicara, seperti di film fiksi ilmiah ya, sob.

Lebih jelasnya lagi, sistem komunikasi ini berperan untuk saling bertukar informasi ke kendaraan lain.

Dicontohkan, jika ada dua kendaraan yang akan mengalami tabrakan maka sistem akan memberikan peringatan pada pengendara agar dapat segera melakukan antisipasi.

Ducati tidak mengerjakan teknologi keamanan ini sendirian, mereka bekerja sama dengan Audi yang berada pada perusahaan yang sama.

Sistem ini telah dilakukan uji coba langsung pada motor Ducati Multistrada 1200 Enduro dan Audi Q7 SUV dan Audi A4 Sedan.

Ducati Multistrada 1200 Enduro/adventuriderz.com
Ducati Multistrada 1200 Enduro/adventuriderz.com

 

Pada uji coba ini, ada dua kendaraan yang diuji coba yang bisa saling berinteraksi untuk bertukar informasi.

Tapi sepertinya proyek yang dikerjakan oleh Ducati ini merupakan kerja jangka panjang yang membutuhkan dukungan instrumen lainnya agar semua saling terkoneksi dengan baik. Mulai dari kendaraan, jalanan hingga lampu lalu lintas.

Menurut Pierluigi Zampieri, Manajer Inovasi Kendaraan di Ducati teknologi ini di masa depan akan sangat membantu pengendara.

"Ini adalah demonstrasi yang sempurna untuk kasus-kasus yang, dapat dibantu oleh teknologi keamanan pada kendaraan (motor) masa depan," ungkapnya.

 

Terkait

Terkini