Senin, 02 Agustus 2021

Deretan Koleksi Kendaraan Jaksa Pinangki, Ternyata Ada Motor Supra 'Bapak'

Deretan kendaraan yang dimiliki Jaksa Pinangki ada motor sejuta umat di eranya dulu yak.

Gagah Radhitya Widiaseno
cloud_download Baca offline
Kasus terdakwa suap, Jaksa Pinangki (Antaranews)
Kasus terdakwa suap, Jaksa Pinangki (Antaranews)

Mobimoto.com - Potongan hukuman dari 10 tahun menjad 4 tahun, membuat nama Jaksa Pinangki menjadi bahan pembicaraan publik.

Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta memotong hukuman jaksa Pinangki dari sebelumnya 10 tahun menjadi empat tahun penjara dalam kasus penerimaan suap, permufakatan jahat, dan pencucian uang.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa tersebut dengan pidana penjara selama empat tahun dan denda sebesar Rp 600 juta dengan ketentuan bila denda tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama enam bulan," demikian disebutkan dalam laman putusan Mahkamah Agung pada Senin (14/6/2021).

Putusan itu diambil oleh ketua majelis hakim Muhammad Yusuf dengan hakim anggota Haryono, Singgih Budi Prakoso, Lafat Akbar, dan Renny Halida Ilham Malik pada tanggal 14 Juni 2021.

Terlepas dari hal tersebut, Jaksa Pinangki ternyata memiliki koleksi kendaraan yang cukup banyak.

Tercatat dari data LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), ia memiliki tiga unit mobil dengan nilai total sebesar Rp 630 juta.

LHKPN Jaksa Pinangki 2018. (KPK)
LHKPN Jaksa Pinangki 2018. (KPK)

Tiga unit mobil tersebut antara lain berjenis Nissan Teana rakitan tahun 2010 dengan taksiran harga Rp 120 juta.

Lalu ada Toyota Alphard tahun 2014 dengan taksiran Rp 450 juta dan yang terakhir, Daihatsu Xenia buatan tahun 2013 dengan taksiran Rp 60 juta.

Koleksi ini beda jauh dengan data LHKPN sepuluh tahun sebelumnya.

LHKPN Jaksa Pinangki 2008. (KPK)
LHKPN Jaksa Pinangki 2008. (KPK)

Di tahun 2008, terduga penerima uang sebesar Rp 7 M ini memiliki koleksi yang lebih sederhana, yakni dua unit mobil dan satu unit motor.

Dulunya ia pernah mempunyai Nissan X-Trail tahun 2003 yang harganya kisaran Rp 175 juta. Lalu ia juga sempat memboyong Honda Civic tahun 2007 dengan taksiran harga Rp 275 juta.

Satu-satunya motor yang tercatat di LHKPN Pinangki adalah Honda Supra tahun 2006 yang harganya berkisar pada angka Rp 10 jutaan.

Terkait

Terkini