Sabtu, 06 Maret 2021

Salju Auto Melting, Teknologi Jalanan Canggih Ini Bikin Penasaran

Jalanan ini memakai teknologi baru yang bisa bikin aspal memanas otomatis.

Cesar Uji Tawakal | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Suasanan jalanan saat musim dingin. (thetelegraph.co.uk)
Suasanan jalanan saat musim dingin. (thetelegraph.co.uk)

Mobimoto.com - Jalanan yang selama ini sering kita lewati rupanya sudah ada sejak kurang lebih 4.000 SM. Walaupun demikian, perkembangan paling siginfikan dari jalur kendaraan tersebut hanyalah penggunaan aspal, dari yang dulunya cuma pakai batu-batuan atau paving.

Namun sejak pertama aspal digunakan sebagai pelapis jalanan, kini masih belum terdapat perkembangan signifikan, hingga akhirnya perusahaan bernama Eurovia mengumumkan terobosan unik.

Dilansir dari Visordown, perusahaan ini merilis teknologi yang memungkinkan jalan untuk memanaskan diri saat musim dingin. Hal ini tentu sangat berguna untuk membersihkan salju dan es.

Jalan ini dibangun berdasarkan prinsip yang mendasar dari sebuah penukar panas dan tidak beda jauh dengan pipa yang biasa ditemui pada pemanas di bawah lantai.

Suatu cairan mengalir melalui pipa dan bergantung pada suhu lingkungan jalan, energi dapat diambil dari atau dikirim ke lapisan permukaan jalan.

Karena kecenderungan alami jalan untuk menyerap panas karena warna gelapnya, sistem juga dapat menerima panas selama musim panas, menyimpannya dan kemudian melepaskannya di musim dingin.

Jalan dengan pemanas otomatis. (visordown.com)
Jalan dengan pemanas otomatis. (visordown.com)

Fitur ini bisa untuk membantu membersihkan penghalang seperti es atau salju, atau energinya bisa dialihkan ke rumah atau bangunan terdekat.

Jalan penghilang es otomatis ini diumumkan di Prancis. Bukan cuma sekadar ide, Euvoria telah membuat versi jadi dari teknologi baru tersebut.

Teknologi tersebut diaplikasikan di jalan sepanjang 120m dibuka di Égletons, Prancis.

Wilayah ini memiliki musim panas yang lembab namun juga musim dingin sering kali bersalju.

Adanya teknologi ini sangat berguna untuk mengurangi kecelakaan akibat jalan licin di musim dingin, khususnya di negara yang memiliki empat musim.

Terkait

Terkini