Jum'at, 16 April 2021

Unik, Ternyata Lamborghini Punya Divisi Khusus untuk Restorasi Mobil

Anda punya Lambo tua? Bawa saja ke bengkel ini.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
 Lamborghini Diablo VT
Lamborghini Diablo VT

Mobimoto.com - Lamborghini selama ini memang dikenal sebagai produsen mobilyang cocok untuk dijadikan koleksi, khususnya oleh para orang berdompet tebal.

Namun hal ini tak cuma berlaku untuk keluaran terbaru, mobil-mobil lawas racikan pabrikan Italia ini juga masih banyak diburu.

Tak heran jika pihak produsen ini punya divisi khusus untuk restorasi mobil yang bernama Polo Storico.

Dilansir dari Carscoops (22/12/2020), divisi tersebut telah merestorasi setidaknya 98 mobil klasik buatan produsen berlogo banteng tersebut.

Uniknya, Polo Storico enggan membuat mobil lawas terlihat baru seperti kendaraan terkini. Mereka mempunyai filosofi khusus yang membuat hasil pekerjaan mereka spesial.

Mobil yang direstorasi rupanya dibuat menyerupai kondisi saat meninggalkan pabrik. Bahkan jika ada cacat produksi pada kendaraan tersebut yang sudah diperbaiki, mereka akan mengembalikannya seperti sedia kala.

Lamborghini Miura SVJ yang siap dilelang. [Autoevolution/RM Auctions]
Ilustrasi mobil lawas Lamborghini Miura SVJ. [Autoevolution/RM Auctions]

"Mobil itu harusnya tak sempurna, tugas kami adalah untuk mengembalikan mobil sebgaimana ia diproduksi. Jika ada cacat pada waktu dirilis, maka itu baik-baik saja," ucap Paolo Gabrielli, bos perusahaan tersebut.

"Untuk membuat mobil dalam kondisi 100 persen sempurna itu mudah, namun ia tak asli, jika mobil anda dalam cat yang empurna, anda membuatnya palsu," imbuhnya.

Bahkan perusahaan ini bersedia untuk mencetak ulang buku manual kendaraan, dan enggan memperbaiki jika terdapat kesalahan penulisan dalam buku tersebut, selayaknya kondisi asli.

"Untuk membuat mobil sempurna itu sangat mudah, tak ada sentuhan manusia. Untuk memberi sentuhan tangan, itu sedikit sulit dan itu perbedaan yang ada pada kami," pungkasnya.

Terkait

Terkini