Rabu, 27 Januari 2021

Hyundai Beli Pabrik Robot, Sebabnya Bikin Penasaran

Akankah pabrikan ini bersaing dengan Honda untuk urusan robot?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Hyundai Elevate. (autoevolution.com)
Hyundai Elevate. (autoevolution.com)

Mobimoto.com - Boston Dynamics selama ini dikenal sebagai perusaahaan yang terlibat proyek-proyek pembuatan robot, dalam bentuk seperti manusia maupun berbentuk binatang.

Namun belum lama ini pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai Motor Group, telah mengakusisi saham dari Boston Dynamics sebesar 80%.

Dilansir dari Motor1 (15/12/2020), hal ini dilakukan oleh Hyundai agar mereka bisa menggunakan inovasi dari perusahaan di atas untuk peningkatan fungsi mobil otonom, yang mana berpotensi untuk menavigasikan penumpang mobil secara aman.

Selain itu, Boston Dynamics juga bermarkas di Silicon Valley yang mana membuat Hyundai berpotensi untuk mencari karyawan potensial di masa depannya.

"Bisnis komersial Boston Dynamics telah berkembang pesat karena kami telah menghadirkan robot pertama yang dapat mengotomatiskan tugas berulang dan berbahaya di tempat kerja yang dirancang untuk mobilitas tingkat manusia ke pasar," kata Robert Playter, CEO Boston Dynamics.

Ilustrasi robot
Ilustrasi robot

 

"Kami dan Hyundai berbagi pandangan tentang kekuatan mobilitas transformasional dan berharap dapat bekerja sama untuk mempercepat rencana kami untuk memungkinkan dunia dengan otomatisasi canggih, dan untuk terus memecahkan tantangan robotika tersulit di dunia bagi pelanggan kami," imbuhnya.

Dalam pengumuman kesepakatannya, Hyundai mengatakan bahwa mereka ingin membangun robot humanoid yang secara khusus, bisa merawat seperti merawat pasien rumah sakit.

Hal ini tentu membuat Honda perlu menghidupkan kembali Asimo agar bisa melawan Boston Dynamics Atlas dalam perang robot yang disponsori produsen mobil. Sayangnya, Honda menghentikan proyek Asimo pada 2018.

Terkait

Terkini