Jum'at, 07 Agustus 2020

Ini Teknologi Lawas yang Sayangnya Nggak Ada di Mobil Terkini, Apa Itu?

Parking assist era tahun 50-an ternyata canggih juga euy.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Perhatikan posisi parkir. (pixabay.com)
Perhatikan posisi parkir. (pixabay.com)

Mobimoto.com - Salah satu hal yang kerap membuat pengendara mobil kesulitan adalah parkir paralel. Sebab, sulit untuk 'menjejalkan' mobil ke dalam celah sempit di lokasi parkir di pinggir jalan, apalagi tanpa bantuan pada fitur mobil.

Salah-salah, mobil anda malah menggores mobil lain. Namun hal itu rupanya bisa ditangkal dengan teknologi sederhana nan tua.

Teknologi tersebut membuat mobil punya roda ekstra guna untuk menggeser 'ekor' mobil agar lebih mudah keluar-masuk saat parkir paralel.

Seperti apa wujud fitur mobil jaman dahulu tersebut? Simak video yang berikut ini.

Dalam video tersebut, terlihat saat roda kelima pada mobil ini menjulur keluar untuk menggeser mobil. Saat mobil hendak kembali melaju, roda ini kembali masuk ke 'sarangnya' sehingga tidak menghambat.

Mulanya fitur ini banyak bermunculan pada mobil konsep di era 1950-an. Kendati sebenarnya cukup bagus, namun sayang fitur ini tidak tersedia pada mobil terkini lantaran beberapa alasan.

"Orang bertanya mengapa ini tidak dilanjutkan? Walaupun simpel namun fitur ini cukup mahal dan membuat kendaraan tidak idnah." tulis @lastyeeter.

"Ini cukup memukau." tulis @Bellerophon77.

"Keren, saya berharap agar punya fitur ini saat parkir di kota." kata @CarlosInThaCut

 

Terkait

Terkini