Kamis, 06 Agustus 2020

Setelah Amerika Serikat, Kepolisian Thailand Juga Gunakan Tesla Model 3

Thailand, kini gunakan mobil polisi ramah lingkungan buatan Tesla.

Angga Roni Priambodo
cloud_download Baca offline
Tesla Model 3. (myev.com)
Tesla Model 3. (myev.com)

Mobimoto.com - Sebagai produsen otomotif, Tesla Incorporation melahirkan produk dengan harga tinggi. Toh pihak kepolisian Amerika Serikat menjadikannya sebagai mobil patroli mulai tahun lalu. Dan langkah ini diikuti oleh Kerajaan Thailand.

Ya, negara tetangga kita sesama anggota Perserikatan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau ASEAN itu menjadikan Tesla Model 3 sebagai mobil dinas. Tidak tanggung-tanggung, ada tujuh unit Tesla Model 3 dipesan oleh kepolisian Negeri Gajah Putih.

Mobil polisi Thailand gunakan Tesla Model 3 (rushlane)
Mobil polisi Thailand gunakan Tesla Model 3 (Rushlane)

Melansir Rushlane, Tesla Model 3 yang dijadikan mobil patroli kepolisian Thailand masuk kategori mobil sewaan dengan durasi lima tahun. Mobil ini dilengkapi berbagai peralatan keamanan, termasuk sirine, stiker komando, dan komputer.

Mobil ramah lingkungan ini sudah dikirim ke markas polisi Thailand, yang berlokasi di Dusit, Bangkok. Untuk dapat menyewa Tesla Model 3, pihak kepolisian Thailand harus membayar total 2,7 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp42 miliar.

Jika dihitung per unit, setidaknya setiap unit Tesla yang digunakan pihak kepolisian Thailand menghabiskan dana sebesar 386 ribu dolar AS atau setara Rp6 miliar.

Ditinjau dari spesifikasi teknisnya, dapur pacu Tesla Model 3 mengandalkan tenaga listrik dari baterai. Lewat sekali pengisian, sedan ini sanggup menempuh 346 km. Sedangkan akselerasi 0-100 km per jam bisa ditempuh dalam enam detik.

Sedangkan di sektor fitur, Tesla telah melengkapi sedan buatannya dengan segudang fitur canggih yang siap menunjang kenyamanan maupun keselamatan penggunanya.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Terkait

Terkini