Jum'at, 05 Juni 2020

Potret Bus Tua Berubah Fungsi Jadi Hunian, Seperti ini Bentuknya

Bermanfaat sampai akhir hayat nih

Angga Roni Priambodo | Hikmawan Muhamad Firdaus
cloud_download Baca offline
Potret bus tua berubah jadi rumah.[Facebook/Ziggy Jimbo‎]
Potret bus tua berubah jadi rumah.[Facebook/Ziggy Jimbo‎]

Mobimoto.com - Bus menjadi salah satu moda transportasi yang hampir setiap negara mempunyai. Umumnya, bentuk bus berbentuk kotak dan panjang.

Bukan hanya menjadi angkutan umum, bus juga punya manfaat lain yang tidak kalah menakjubkan. Contohnya satu ini yang terlihat dalam unggahan akun Facebook ‎Ziggy Jimbo.

Dalam unggahan tersebut tampak sebuah bus lawas yang kini sudah beralih menjadi sebuah bangunan seperti rumah. "Bermanfaat sampai akhir hayat...," tulisnya dalam caption.

Potret bus tua jadi rumah dengan atap genteng.[Facebook/Ziggy Jimbo‎]
Potret bus tua jadi rumah dengan atap genteng.[Facebook/Ziggy Jimbo‎]

Body bus lawas dengan bentuk kotak tersebut tampak masih terlihat jelas. Namun bagian kaca-kaca sudah digantikan dengan gorden dan roda dilucuti.

Di bagian atap bus lawas ini juga tampak diberi tambahan atap dari genteng sehingga tampak seperti bangunan yang terbuat dari bus.

Akun Alenta Yanyan Prambudy menuliskan komentar "Mantuull kreatif banget,". Komentar lain juga dituliskan Mbamboeng Dhika "Rumah buat karantinaa,"

Ilsutrasi bus Mercedes-Benz 0371 tua.[Wikipedia]
Ilsutrasi bus Mercedes-Benz 0371 tua.[Wikipedia]

Komentar lain juga dituliskan Agung Irawan "Mantap itu, kreatif. Tapi nggak kebayang kalau malam, dinginnya kayak apa, karena plat besi menyerap suhu dingin,"

Jika dilihat dari bentuknya, bus tersebut tampak seperti keluaran Jerman, Mercedes-Benz 0371. Bus ini dikeluarkan pada akhir 1980 hingga akhir 1990.

Bus Mercedes-Benz ini ada dua jenis yakni Coach Busess yang melayani jarak yang sangat jauh. Bus ini memiliki beberapa seri yakni 0371R, RS, RSL, RSD yang membedakan adalah panjangnya.

Dibekali dengan beberapa jenis mesin Mercy salah satunya adalah OM355/5A yang menghasilkan tenaga 230 dk. Untuk suspensi menggunakan coil spring dan pneumatic, sesuai dengan jenisnya.

Terkait

Terkini