Minggu, 07 Juni 2020

Sayang Banget, Padahal Uang DP Mobil Anggota DPR Bisa Buat Beli APD Segini

Jika dialihkan pasti akan lebih bermanfaat nih.

Angga Roni Priambodo | Hikmawan Muhamad Firdaus
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Toyota Alphard. (Instagram/@kingnassar88)
Ilustrasi Toyota Alphard. (Instagram/@kingnassar88)

Mobimoto.com - Di tengah pandemi virus corona seperti sekarang ini, tersiar kabar yang mengejutkan dari para wakil rakyat. Kabarnya Anggota DPR akan menerima uang guna membeli mobil.

Enggak tanggung-tanggung, setiap anggota DPR kabarnya akan mendapatkan uang senilai Rp 116.650.000 untuk uang muka pembelian mobil masing-masing.

Keterangan tersebut tertuang dalam surat yang menjadi perbincangan di media sosial Twitter bernomor SJ/8424/Setjen dan BK DPR RI/PK.02/2020 yang diteken oleh Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar, Senin, 6 Maret 2020.

Padahal, dengan uang sebanyak itu, bisa untuk membeli alat pelindung diri (APD) sebanyak 583 (dengan persepsi satu APD seharga Rp 200 ribu). Jika dikalikan dengan semua anggota DPR bisa ribuan APD terbeli.

Ilustrasi penggunaan masker kain.[Foto: Dok. Pomelo]
Ilustrasi penggunaan masker kain.[Foto: Dok. Pomelo]

Atau untuk membeli masker kain dan dibagikan ke masyarakat bisa dapat sekitar 5.800 helai masker dengan estimasi setiap masker dihargai Rp 20.000.

Namun anggaran tersebut kabarnya sudah ditunda hingga waktu waktu yang tidak ditentukan. "Itu sudah dipending," kata Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar saat dihubungi wartawan, Rabu (8/4/2020).

Indra menyebut sebagian anggaran DPR RI dialihkan untuk penanganan Covid-19. Ia juga menyebut anggaran DPR RI dipangkas hingga Rp 200 miliar dan dialihfungsikan untuk menangani Covid-19.

"Sesuai dengan Perpres Nomor 54 Tahun 2020, anggaran DPR juga dipotong untuk penanganan wabah Covid-19 secara nasional," ujarnya.

Terkait

Terkini